Home Headline Penutupan TMMD Ke 102, Kodim Pekalongan Serahkan Bantuan Pada Difabel

Penutupan TMMD Ke 102, Kodim Pekalongan Serahkan Bantuan Pada Difabel

473
0
Sekda Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Mukaromah Syakoer meresmikan jalan yang sudah dibuat dalam program TMMD Ke-102 di Desa Sumurjomblangbogo Kecamatan Bojong.
          KAJEN, 9/8 (BeritaJateng.net) – Komandan Kodim 0710 Pekalongan Letkol Inf. Muhammad Ridha, S.SIP atas nama Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) selaku penanggungjawab operasional TMMD, Jenderal TNI Mulyono, menutup secara resmi rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2018 di Desa Sumurjomblangbogo Kecamatan Bojong, Rabu (8/8/2018) di lapangan desa setempat.
        Kegiatan dihadiri oleh Sekda Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM dan para Asisten serta para Kepala OPD Kabupaten Pekalongan, unsur Muspida Kabupaten Pekalongan dan Muspika Kecamatan Bojong.
        Danramil Bojong Kapt. Inf. Nurkhan selaku Komandan SST TMMD, dalam laporan menyampaikan bahwa sasaran yang telah dikerjakan dalam TMMD antara lain sasaran fisik dan sasaran non fisik.
        Menurutnya, sasaran fisik yaitu peningkatan jalan dengan volume panjang 1.200 meter lebar 3 meter, pembuatan makadam jalan dengan volume panjang 1.100 meter lebar 3 meter, dan pembuatan turap volume panjang 12 meter tinggi 1,5 meter.
        Selanjutnya, kata Turhan, sasaran non fisik antara lain penyuluhan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan UU lalu lintas dan narkoba, penyuluhan kerukunan umat beragama dan bahaya radikalisme, penyuluhan kesehatan, penyuluhan penanggulangan bencana, penyuluhan KB dan penyuluhan PKK.
        Dituturkan Komandan SST bahwa anggaran TMMD sebesar Rp 376.079.400,- berasal dari sumber dana APBD Provinsi sebesar Rp 130.000.000,- dan APBD Kabupaten Pekalongan sebesar Rp 246.079.400,-.
        “Dalam TMMD ini terjadi over prestasi dari swadaya masyarakat desa yakni pengaspalan jalan volume panjang 84 meter x lebar 3 meter dan makadam jalan volume panjang 725 meter x 2,5 meter,” kata Nurkhan.
        Sementara itu, usai menutup kegiatan TMMD, Dandim 0710 Pekalongan mengungkapkan rasa terima kasih dan bangganya kepada segenap jajarannya dan masyarakat desa yang telah secara bahu membahu bekerjasama dalam kegiatan TMMD.
         “Hari ini kita laksanakan penutupan TMMD ke-102, dengan sasaran fisik diantaranya pengaspalan jalan, makadam jalan serta turap. Harapan kami jalan yang menghubungkan Desa Sumurjoblangbogo dan Desa Kalipancur Kecamatan Bojong ini  betul-betul akan bermanfaat bagi masyarakat. Mengingat kondisi jalan yang sebelumnya sangat memprihatinkan terutama pada saat musim hujan,” ujar Dandim.
         Lebih lanjut Dandim berharap dengan adanya TMMD akan meningkatkan perekonomian masyarakat, memperlancar arus lalu lintas. “Tidak kalah pentingnya dengan TMMD ini akan semakin meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Dan akan mendorong semangat masyarakat dalam membangun desanya,” imbuhnya.
        Untuk progres dari TMMD ini, kata Dandim 0710 Pekalongan, mengalami over prestasi. Hal tersebut, kata Dandim, karena berkat keaktifan masyarakat bergotong-royong bersama TNI bahu-membahu melakukan kegiatan sehingga alhamdulillah dapat menghasilkan over prestasi yaitu makadam jalan sejauh 700 meter yakni lanjutan sasaran fisik yang ada.
         Sedangkan, Sekda Dra. Mukaromah Syakoer, MM atas nama Pemkab Pekalongan menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kodim 0710 Pekalongan yang telah melaksanakan TMMD di Desa Sumurjomblangbogo Kecamatan Bojong.
         “Kami sampaikan terima kasih kepada Dandim 0710 Pekalongan beserta jajaran. Karena dengan TMMD ini jalan yang sebelumnya tidak bisa dilewati menjadi bisa dilewati. Dan saya mohon kepada masyarakat dapat memeliharanya dengan baik, sehingga tujuan awal kegiatan TMMD ini yakni bisa meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat akan terwujud,” tutur Mukaromah.
         Ke depan, kata Sekda, kegiatan-kegiatan serupa dapat dilaksanakan melalui TMMD karena bisa efisiensi dan bisa secara langsung dinikmati oleh masyarakat.
         Dalam penutupan TMMD tersebut juga diberikan bantuan kepada penyandang disabilitas sebanyak 25 orang, yang diberikan oleh Dandim 0710 Pekalongan, Sekda, Wakapolres, Direktur BPJS Kabupaten Pekalongan dan dari Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan.
         Bantuan-bantuan tersebut berupa alat bantu dengar, kursi roda, protase kaki, tongkat, peralatan rumah tangga dan sembako lainnya sesuai kebutuhan para penyandang disabilitas. (ST/El)