Home Headline Pentas Seni Imlek Anjungan Jateng, meriah.

Pentas Seni Imlek Anjungan Jateng, meriah.

1165

JAKARTA, 5/2 (Beritajateng.net) – Animo masyarakat Jakarta menyaksikan pentas seni dalam rangka memperingati Tahun Baru Cina (Imlek) cukup tinggi. Salah satunya di Anjungan Jateng Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang menampilkan Barongsai, Ebek Banyumas dan tarian tarian tradisional.

“Pentas seni dalam rangka Imlek kali ini disaksikan oleh lebih dari 2 ribu orang,” ungkap Bardi, pengelola anjungan, Selasa (5/2).

Sekretaris Komisi C DPRD Jateng Tetty Indarti mengapresiasi pelaksanaan pentas seni budaya tersebut. Menurut dia ini merupakan upaya melestarikan seni tradisional di Indonesia.

“Ini sangat bagus. Siapa lagi yang akan melestarikan budaya kita kalau bukan kita sendiri,” katanya.

Tetty menjelaskan, meskipun Barongsai aslinya budaya Cina, tapi saat ini sudah banyak digemari di Indonesia termasuk Jawa Tengah. Barongsay sangat identik dengan Hari Raya Imlek.

“Barongsay banyak digemari masyarakat, ini akulturasi budaya yang sangat bagus,” jelasnya.

Anggota Komisi C Ahmad Ridwan menambahkan, perpaduan Budaya Jawa dan Cina yang ditampilkan pengelola Anjungan Jawa Tengah merupakan wujud persatuan bangsa yang harus terus dibina oleh setiap elemen masyarakat.

“Saya senang melihat masyarakat antusias menyaksikan pentas seni budaya ini. Ini wujud persatuan yang harus terus dilestarikan,” bebernya.

Selain pentas seni dalam rangka perayaan Imlek, Anjungan Jateng di TMII juga secara rutin menyelenggarakan pentas seni budaya dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah. Pentas ini digelar setiap hari Minggu dan hari libur nasional.

(NK)