Home Lintas Jateng Pengusaha Galian C Berharap Bisa Beroperasi

Pengusaha Galian C Berharap Bisa Beroperasi

galian c

Kudus, 29/1 (BeritaJateng.net) – Pengusaha galian C di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berharap mendapatkan kepastian soal waktu untuk beroperasi kembali karena sejak Selasa (27/1) berhenti beropasi menyusul rencana kedatangan Presiden Joko Widodo.

Salah seorang pemilik galian C di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Subianto, Kamis, mengakui, sejak Selasa (27/1) memang tidak beropasi menyusul adanya surat pemberitahuan rencan kunjungan kerja Presiden RI ke Kudus.

Berdasarkan surat pemberitahuan tersebut, kata dia, aktivitas galian C di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kudus, memang diminta berhenti sementara karena adanya rencana kunjungan presiden ke lokasi pembanguann Waduk Logung di Desa Tanjungrejo.

“Kemudian mendapatkan pemberitahuan lagi agar aktivitas galian C dihentikan hingga Sabtu (31/1) menyusul ada perubahan jadwal kedatangan,” ujarnya.

Informasi terbaru, kata dia, jadwal kunjungan ditunda kembali.

Ia berharap, ada kepastian untuk beroperasi kembali, karena potensi pemasukan dari aktivitas galian C di tiga lokasi tentunya bisa mencapai puluhan juta.

Apalagi, kata dia, di tempat usahanya sendiri dalam sehari bisa menyuplai tanah galian C hingga 150-an truk.

Selain itu, lanjut dia, jumlah pekerjanya juga mencapai puluhan orang sehingga ketika ditambahkan di dua lokasi galian C tentunya bisa mencapai seratusan pekerja yang harus berhenti bekerja sementara.

“Jika memang ada penundaan kembali, harapannya ada kepastian waktu agar kami bisa beropasi kembali,” ujarnya.

Kalaupun ada kepastian bahwa Presiden Jokowi jadi datang, kata dia, tanpa diminta tetap akan berhenti beroperasi untuk memberikan penyambutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris mengungkapkan, dengan adanya rencana kunjungan kerja Presiden Jokowi, aktivitas galian C di Desa Tanjungrejo memang diminta untuk berhenti sementara.

“Hal itu, tentunya bisa dimanfaatkan mereka untuk libur sementara atau dimanfaatkan untuk relokasi maupun penataan,” ujarnya.

Jika memang ada kepastian rencana kunjungan presiden ditunda selama beberapa waktu ke depan, kata dia, aktivitas galian C di daerah setempat tentunya akan dibuka kembali.

Berdasarkan keterangan Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Noor Yasin rencana kunjungan Presiden Joko Widodo ke lokasi yang hendak dibangun Waduk Logung di Kabupaten Kudus yang awalnya dijadwalkan Sabtu (31/1) memang ditunda.

Informasi tersebut, kata dia, diperoleh dari pihak protokoler kepresidenan melalui Sekda Provinsi Jateng pada Rabu (28/1) malam. (ant/BJ)