Home Kesehatan Pengunjung di Rumah Makan ini, Disuguhi Air Hujan….

Pengunjung di Rumah Makan ini, Disuguhi Air Hujan….

137
0

Semarang, 24/10 (Beritajateng.net) – Rumah Makan Oemah Udan, yang berada Jalan Kaligarang, Sampangan, Semarang ini, terlihat hampir sama dengan rumah makan pada umumnya. Suasana pedesaan begitu kental saat kita masuk kedalam. Selain suasana pedesaan, ada yang lain di dalam rumah makan milik Thomas Dwi ini, perbedaannya yakni penyajian hidangan minuman dengan bahan dasar air hujan. Pengolahannyapun tergolong sederhana.
Setiap hujan turun, rumah makan ini selalu menampungnya untuk di jadikan bahan baku . Cara ini di anggap lebih efektif menciptakan air sehat dari pada harus membeli .

Menurut Thomas Dwi, konsep rumah makan dengan memanfaatkan air hujan berawal adanya masyarakat yang memanfaatkan air hujan untuk dikonsumsi secara turun temurun. hasilnya mereka memiliki kehidupan lebih baik dan lebih sehat, dibanding meminum air biasa.” Saya pernah baca, bahwa ada satu desa yang seluruh warganya memanfaatkan air hujan sebagai air minum mereka. Dan ini membuat warganya menjadi lebih pandai dan sehat dari desa desa lain disekitar desa itu. Saya kemudian memutuskan untuk menirunya,” terang Thomas saat ditemui di rumah makannya (23/10).
Meski berasal dari air hujan , namun hasil proses air ini sangat layak konsumsi. Semua pengunjung di rumah makan ini, air minumnya berasal dari air hujan , baik air putih , es teh , wedang uwuh atau minuman lainnya.
David,salah satu pengunjung mengatakan, dirinya baru pertama kali merasakan air minum yang berasal dari air hujan. Selain tidak berwarna dan tidak bau, air hujan yang diminum lebih segar di banding dengan air yang biasa diminum.”ini yang pertama dan saya terkejut ternyata rasanya lebih segar dan jujur airnya sama sekali tidak berbau,” ungkap David.

Selain untuk mengedukasi para pengunjung rumah makannya tentang manfaat air hujan olahan, konsep yang ditampilkan pemilik rumah makan ala pedesaan ini salah satu adalah, bagaimana cara memanfaatkan air hujan dengan baik. Para pengunjung yang datang bisa menerapkan di tempat tinggalnya, sebagai air darurat apabila tiba-tiba air dari pusat tidak mengalir atau bahkan terjadi kerusakan pipa air yang menyebabkan air tidak mengalir dalam jangka waktu tertentu.(BJ/NG)