Home Headline Pengumuman Calon Perangkat Desa Pragi Diwarnai Aksi Protes Warga

Pengumuman Calon Perangkat Desa Pragi Diwarnai Aksi Protes Warga

47
Pengumuman Calon Perangkat Desa Pragi Diwarnai Aksi Protes Warga

Demak, 17/9 (BeritaJateng.net) – Pengumuman hasil seleksi perangkat desa berlangsung di Desa Prigi, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak, diwarnai aksi protes dari beberapa warga yang ikut menyaksikan pengumuman hasil tes untuk pengisian Sekertaris Desa (sekdes) dan pengatur irigasi (ulu-ulu).

Menurut salah satu warga yang memprotes, Puji Utomo, mengatakan, dirinya menduga banyak keganjalan dalam pengisian perangkat desa tersebut, mulai dari pembentukan panitia seleksi hingga hasil dari tes seleksi. Dugaan tersebut  menurutnya bukan tanpa alasan sepihak saja.

“Bayangkan saja, pemilihan panitia seleksi tidak dirapatkan dengan warga (rembuk desa ), tahu -tahu panitia sudah terbentuk,” ucap Puji Utomo.

Tidak hanya persoalan panitia seleksi, dalam proses pengujian atau tes calon perangkat desa Prigi yang bekerja sama dengan Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Semarang, Puji menduga adanya kerjasama antara pihak panitia dengan instansi penguji tersebut,” tegas Puji Utomo Mantan Kepala Desa Prigi.

Meski demikian dirinya mengaku akan tetap menerima hasil pengumuman tes pengisian perangkat desa tersebut, meskipun dalam proses awal hingga akhir dirinya merasa tidak puas, bukan lantaran anaknya yang ikut mencalonkan tersebut tidak tidak berhasil lolos dalam tes untuk posisi sebagai Sekdes.

“Saya menrima apapun hasilnya tersebut, uman tolong materi tes seperti lembar soal dan jawaban seara tertulis itu ditempel dipapan pengumuman agar nantinya menimbulkan kegaduhan di desa ini,” kata Puji.

Sementara itu menurut  salah satu panitia seleksi perangkat desa Prigi, Rifai, mengatakan, jika panitia sudah melakukan tahapan penerimaan perangkat desa dengan benar sesuai dengan aturan yang ada, meski demikian pihaknya mengaku akan menanggapi kritikan masyarakat selama persoalan tersebut ada bukti yang kuat.

“Jika masyarakat merasa tidak puas dengan hasil tes silakan menyampaikan alasan tersebut kepada pihak Untag sSemarang, nanti kita dampingi,” ucapnya.

Disisi lain Ketua Panitia seleksi pengisian perangkat desa Pragi, Ahmad Zuri, enggan memberikan keterangan banyak dari awak media sesaat setelah pengumuman hasil tes tersebut usai. (WB/El)