Home Ekbis Pengrajin Terompet di Salatiga Kebanjiran Order

Pengrajin Terompet di Salatiga Kebanjiran Order

626
Rosyid Pengrajin Terompet asal Salatiga menunjukan salah satu hasil karyanya. Foto/ BJ20

Salatiga,30/12 (Beritajateng.net) – Menjelang perayaan tahun baru 2015, pengrajin terompet di Kota Salatiga, kebanjiran order.

Salah satunya adalah Rosyid Komar, pengrajin terompet asal Kampung Bulu, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga.

Menjelang tahun baru seperti ini, Rosyid disibukan dengan pembuatan berbagai macam terompet aneka bentuk, yang akan dikirim ke pedagang terompet diseputar Salatiga dan sekitarnya.

Untuk membuat terompet, Rosyid dibantu istrinya. Dirinya mampu memproduksi terompet mencapai 200 biji setiap hari.

“Persiapan yang dilakukan untuk pembuatan terompet ini sudah dilakukan sejak 2 bulan lalu. Bahan baku terompet seperti kertas emas, bekas gulungan Bedang maupun aksesoris lain didatangkan dari Solo,” kata Rosyid.

Model terompet yang dibuat pun beragam bentuk, mulai yang konvensional berbahan kertas, hingga berbahan pipa PVC.

Untuk terompet konvensional, bentuknya lurus sederhana, dibuat mengecil dan makin ke ujung dibuat membesar. Di bagian pangkal untuk menaruh bambu kecil yang dapat menimbulkan bunyi bila ditiup.

selain bentuk konvensional, Royid juga menciptakan model seperti saxophone, kepala naga dan kupu-kupu.

Terompet konvensional atau sering kita kenal terompet kerucut, dijual kepada pedagang dengan harga Rp 3000 per buahnya. Sedangkan terompet model kepala naga dan kupu-kupu, dirinya menjualnya dengan harga antara Rp15 ribu hingga Rp20 ribu rupiah per buah. (BJ20)