Penghuni Sunan Kuning Peringati Hari Aids Sedunia

Semarang, 01/12 (Beritajateng.net) – Puluhan penghuni Resosialisasi Sunan Kuning Semarang, turun ke jalan untuk memperingati hari AIDS sedunia. Mereka turun ke jalan bersama sejumlah LSM, seperti LSM Lentera ASA dan LSM Graha Mitra. Selain itu sejumlah mahasiswa dan komunitas peduli Aids juga ikut bergabung bersama mereka.

Ary Istiyadi, selaku coordinator aksi dari LSM Lentera ASA mengatakan, aksi ini selain untuk memperingati hari Aids sedunia, juga untuk menyampaikan berbagai informasi terkait keberadaan Orang Dengan HIV Aids atau ODHA dan Orang Hidup Dengan HIV Aids atau OHIDHA. Selama ini menurut Ary,banyak muncul stigma yang mengucilkan ODHA dan OHIDHA. Padahal mereka sama saja dengan kita, namun karena minimnya informasi maka jadilah mereka orang yang dikucilkan. “Stigma terhadap OHIDA dan ODHA sering kali salah. Mereka dikucilkan karena masyarakat takut tertular. Padahal mereka sama saja dengan kita, cuman mereka menderita penyakit. AIDS sama saja kok dengan penyakit demam berdarah misalnya. Namun memang karena dari awal sudah salah presepsi, jadi AIDS sangatlah ditakuti dan dianggap sangat mengancam. Kalau menurut saya, jauhi penyakitnya, dekati orangnya,”terang Ary di sela sela aksi tersebut (01/12).

peringatan hari AIDS sedunia
peringatan hari AIDS sedunia

Selain berorasi para peserta aksi juga membagikan bunga dan pamphlet kepada pengguna jalan. Pamflet yang dibagikan berisi berbagai informasi terkait HIV Aids. Disitu juga ada ajakan kepada masyarakat untuk menghilangkan diskriminasi terhadap ODHA dan OHIDHA. (BJ/NG)

Tulis Komentar Pertama