Disdik Beri Penghargaan Bagi Siswa dan Insan Pendidik Berprestasi

Semarang, 31/12 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Pendidikan memberikan penghargaan kepada insan-insan pendidikan yang berprestasi baik pada tingkat Provinsi, Nasional, ASEAN, dan Internasional di Gedung Balaikota, Kamis (31/12).

Penghargaan ini baru pertama kali diadakan. Ada 172 peserta yang hadir terdiri dari siswa, guru, kepala sekolah, pengawas, penilai, tutor PAUD, penyelenggara lembaga kursus ketrampilan dan pendidikan (LKP) yang pada kesempatan tersebut telah mendapat juara 1 tingkat nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Drs. Bunyamin., M.Pd menjelaskan tujuan diadakannya penghargaan ini untuk menumbuhkan daya juang siswa dan tenaga pendidik supaya lebih berprestasi lagi.

“Kita merasakan betul, adanya penghargaan ini bisa memberikan motivasi dan reward bagi siswa dan tenaga pendidik berupa nilai tambah,” terangnya saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan Jalan Dr. Wahidin, Kamis (31/12) siang.

Bunyamin menambahkan penghargaan ini ditujukan kepada siapa saja, baik sekolah Negeri maupun Swasta karena telah berjasa mengangkat nama kota Semarang lebih baik.

“Harapan kita bisa memberikan motivasi sesuai amanat Menteri Pendidikan dalam menyelenggarakan pembentukan karakter bagi anak-anak. Sehingga lahirlah siswa yang berkarakter dan berprestasi,” imbuhnya.

Selain siswa yang berprestasi, guru juga harus berprestasi, Kepala Sekolah apalagi, lanjutnya, sehingga prestasinya bisa turun-temurun.

“Hal ini yang coba kita bangun dan buat pemikiran bersama dalam wujud riil,” pungkas Bunyamin.

Bentuk dari penghargaan bagi siswa maupun tenaga pendidik berupa piagam dari Walikota serta hadiah sesuai tingkatan juara. Semakin tinggi kejuaraan maka nilainya akan lebih besar.

Salah satu penerima penghargaan, Kepala Sekolah dari SD Pedurungan Tengah 02 Semarang, Sutikno., S.Pd., M.Pd mengungkapkan jika dari pihaknya ada dua siswa dan satu pembimbing yang menerima penghargaan.

“Saya selaku Kepala Sekolah mendapat Juara 3 Tingkat Provinsi. Siswa kami ada dua, Muhammad Hilal Ariq yang mendapat medali dalam World Creativity Festival (WCF) 2015 di Korsel, serta Ahmad Hibatulloh yang mendapat juara Tenis Meja Tingkat Provinsi,” ungkap Sutikno saat diwawancarai di Gedung Balaikota Semarang, Kamis (31/12) siang.

Sutikno menuturkan jika penerimaan dan penghargaan insan pendidik yang berprestasi baik pada tingkat regional, provinsi, nasional, dan internasional ini merupakan hasil karya siswa, pendidik dan tenaga pendidik yang berprestasi.

“Orang-orang yang berprestasi di bidang pendidikan selama setahun ini mulai bulan Januari hingga Desember 2015 kemudian memperoleh juara 1, 2 dan 3 yang diberi penghargaan,” ujarnya.

Sebagai Kepala Sekolah, pihaknya sangat mengapresiasi kepada insan-insan pendidik, tenaga pendidik dan siswa. Menurutnya, ini merupakan motivasi sekaligus inspirasi kepada siswa dan tenaga pendidik supaya lebih semangat untuk meningkatkan kualitas prestasi.

“Kami tetap terus berupaya mempersiapkan anak didik supaya lebih berprestasi lagi dan bisa memotivasi teman-teman yang lain di sekolah untuk berprestasi,” pungkas Sutikno. (BJT01)

SHARE

Tulis Komentar Pertama