Home Ekbis  Penghapusan LCC Rugikan Industri Tour and travel di Jateng

 Penghapusan LCC Rugikan Industri Tour and travel di Jateng

Ilustrasi

Semarang, 9/1 (Beritajateng.net) – Penghapusan  penerbangan murah atau low cost carrier (LCC) oleh Kementerian Perhubungan dinilai tidak masuk akal. Aturan ini dipastikan akan merugikan  kalangan pelaku bisnis tour and travel di Jawa Tengah

Menurut ketua Asosiasi perusahaan perjalanan wisata Indonesia (Asita) Jawa Tengah, Joko Suratno, aturan penghapusan LCC akan berdampak pada penjualan tiket penerbangan. Menurutnya selama ini sekitar 75 persen jualan tiket pesawat diagen perjalanan berasal dari low cost carrier.

“Pasar   low cost carrier selama ini paling besar, mungkin bisa sampai 75 persen. Sementara yang diluar itu hanya sedikit saja, jadi aturan ini jelas sekali akan merugikan kami sebagai agen perjalanan,”ungkapnya, Jum’at (9/1).

Menurut Joko, pemerintah seharusnya tidak menghapus LCC hanya karena adanya kecelakaan pesawat airasia beberapa waktu lalu. Pasalnya tidak ada korelasi langsung antara LCC dengan kecelakaan yang menimpa pesawat tersebut, karena maskapai pasti sudah memiliki hitung – hitungan bisnis terkait dengan harga tiket.

“Saya tidak melihat korelasi langsung antara LCC dengan kecelakaan pesawat airasia. MAskapai penerbangan pastinya sudah punya hitungan sendiri mana tiket yang di jual dibawah Rp.500 ribu,  diatas itu atau sampai Rp. 1 juta,”imbuhnya.

Joko menambahkan, dengan dihapuskannya LCC ini maka dipastikan masyarakat khususnya kelas menengah akan beralih ke transportasi darat seperti bus dan kereta api.  Namun demikian Ia belum bisa memprediksi berapa jumlah konsumen  yang beralih ke transportasi darat tersebut.

“Pasti aka nada perlihan dari pesawat ke transportasi darat seperti kereta dan bus, karena harganya lebih murah. Tapi belum tau berapa kira-kira kalau melihat awal ini,”pungkasnya. (Bj21)

 

Advertisements