Home Headline Pengembangan Pariwisata Bahari Rembang Terkendala Pencemaran

Pengembangan Pariwisata Bahari Rembang Terkendala Pencemaran

238
0

SEMARANG, 24/11 (Beritajateng.net) – Kawasan Pantai Wates Kaliori Rembang memiliki potensi keindahan yang sangat bagus dan layak dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan. Namun saat ini kondisinya sangat parah karena terkena polusi dari pabrik pengolah ikan yang ada di sekitar pantai.

Kondisi tersebut dikeluhkan oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah Yudhi Sancoyo usai melakukan Kunjungan Kerja ke Desa Wisata Wates beberapa waktu yang lalu.

“Pantai Wates itu sangat indah, sayang terkendala pencemaran yang sudah sangat parah,” ungkapnya di Gedung Berlian, Jumat (24/11).

Yudhi menjelaskan, pantai tersebut memiliki pasir putih yang kalau dikembangkan sebagai sebagai destinasi wisata tidak kalah dengan pantai pantai lain di pesisir timur Jawa Tengah.

“Di seberang pantai tersebut, terdapat pulau Gehe yang juga memiliki pesona luar biasa, namun untuk menuju pulau tersebut masyarakat harus berjalan ke tengah pantai yang tertimbun lumpur dan ceceran polutan,” katanya.

Menurut Yudhi, baik pantai maupun Pulau Gedhe layak segera dikembangkan, namun pihak pihak terkait terutama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten Rembang harus mengatasi pencemaran tersebut.

“Perusahaan yang menyebabkan pencemaran tersebut harus bertanggung jawab. Peran Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat besar untuk memberi sangsi perusahaan tersebut,” tegasnya.

Kalau pencemaran di Pantai Wates tersebut bisa diatasi, di kawasan pesisir timur yang membentang di Kabupaten Rembang akan menjadi pantai yang sangat menarik dan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang saat ini menjadikan kebutuhan wisata sebagai salah satu kebutuhan pokok.

(NK)