Home Ekbis Pengaruh TDL Terhadap Inflasi Tak Sebesar Beras

Pengaruh TDL Terhadap Inflasi Tak Sebesar Beras

Ilustrasi

Semarang, 26/12 (Beritajateng.net) – Pengaruh Tarif Dasar Listrik (TDL) terhadap inflasi tidak sebesar yang ditimbulkan oleh kenaikan harga beras, kata Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah Jam Jam Zamachsyari.

“Jika melihat pada hasil survei BPS pada bulan-bulan sebelumnya, memang TDL ini berpengaruh terhadap inflasi tetapi tetap lebih kecil dibandingkan jika harga beras yang naik,” katanya di Semarang, Jumat.

Mengenai rencana Pemerintah terkait kenaikan TDL pada 1 Januari mendatang, pihaknya memastikan kebijakan tersebut tetap akan berpengaruh terhadap inflasi pada bulan Februari.

“Jika TDL jadi dinaikkan maka mau tidak mau akan berpengaruh terhadap inflasi, tetapi kami tidak bisa memprediksi berapa besar kenaikannya,” katanya.

Di sisi lain, pihaknya berharap agar pada bulan Januari dan Februari tingkat intensitas hujan masih dalam batas wajar sehingga tidak memengaruhi pola tanam sejumlah komoditas salah satunya cabai merah.

“Jika pola tanam berlangsung normal maka potensi jumlah produksi juga semakin besar, dengan demikian harga akan turun dan tingkat inflasi bisa lebih dikendalikan,” katanya.

Diakuinya, hingga saat ini harga cabai merah masih menjadi salah satu pemicu terjadinya inflasi sehingga jika pada Januari mendatang harga komoditas tersebut belum juga turun maka berpotensi menambah tingginya inflasi pada bulan Februari.

“Secara keseluruhan memang sampai saat ini sejumlah komoditas masih mengalami kenaikan harga mengingat pada akhir tahun ini harga tingkat konsumsi masyarakat lebih tinggi dibandingkan pada hari normal,” katanya.

Meski demikian, pihaknya berharap agar Pemerintah terus memastikan kelancaran distribusi semua produk sehingga harga tetap bisa dikendalikan. Menurutnya, jika harga bisa dikendalikan maka inflasi tetap terjaga.(ant/BJ03)