Home News Update Pendidikan Akhlak Siswa lewat Zakat Fitrah

Pendidikan Akhlak Siswa lewat Zakat Fitrah

47
0
Pendidikan Akhlak Siswa lewat Zakat Fitrah
          Demak, 15/6 (BeritaJateng.net) – Pendidikan akhlak bagi seluruh pelajar merupakan hal yang wajib diterapkan di lingkungan sekolah, tidak hanya materi pendidikan saja akan tetapi secara praktek harus diterapkan juga. Seperti halnya siswa SMP N 1 Karangtengah, Kabupaten Demak, dimana pendidikan ahklak langsung diaplikasikan ke masyarakat dengan cara penyerahan zakat fitrah kepada warga dilingkungan sekitar sekolah.
            Menurut Kepala SMPN 1 Karangtengah, Tutik Cahyaningsih, mengatakan, jika penyerahan zakat fitrah tersebut sama juga memberikan contoh pendidikan ahlak bagi siswa, disamping itu, zakat merupakan hal yang wajib dilakukan bagi umat muslim setiap tahunnya.
            “Saya berharap masyarakat tidak melihat sekolah ini melakukan pembagian Zakat saja, akan tetapi ada hal yang sama pentingnya juga yaitu, bahwa siswa disini melakukan syiar terkait penanaman nilai-nilai karakter Pancasila,” tegas Tutik Cahyaningsih.
Pendidikan Akhlak Siswa lewat Zakat Fitrah
Pendidikan Akhlak Siswa lewat Zakat Fitrah
              Sementara itu menurut Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) SMPN 1 Karang Tengah, Tatang Maulana, menjelaskan bahwa kegiatan pembagian Zakat disekolah sangat besar manfaatnya, selain Melakukan kewajiban yang dilakukan  setahun sekali, ada juga nilai positif lainnya yaitu, membantu sesama manusia.
              “Harapan saya, kegiatan semacam ini tidak hanya dilakukan disekolah saja dan harus diterapkan di lingkungan rumah, dimana kegiatan baik selalu mendapatkan berkah,” ucap Tatang.
               Tidak hanya pembagian Zakat Fitrah, lanjut kepala Sekolah, pesantren kilat serta tadarus Quran merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan selama bulan Ramadhan berlangsung. (WB/EL)