Home Lintas Jateng Pendapatan Lokawisata Baturraden Baru 70 Persen

Pendapatan Lokawisata Baturraden Baru 70 Persen

images(41)

Purwokerto, 19/11 (Beritajateng.net) – Pendapatan Lokawisata Baturraden baru mencapai 70 persen dari target yang ditetapkan untuk tahun 2014, kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Deskart S. Jatmiko.

“Biasanya pada bulan November sudah hampir mendekati target, namun sekarang masih kurang sekitar 30 persen. Padahal, target tahun 2014 sebesar Rp4,2 miliar,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu.

Menurut dia, belum tercapainya target tersebut disebabkan adanya penurunan jumlah kunjungan wisatawan akibat peningkatan aktivitas Gunung Slamet yang hingga saat ini masih berstatus “Siaga”.

Kendati demikian, dia mengakui bahwa jumlah pengunjung Lokawisata Baturraden terus berangsur meningkat setelah sempat turun drastis pada awal-awal peningkatan aktivitas Gunung Slamet.

“Dari beberapa kegiatan yang kami gelar terlihat adanya peningkatan jumlah kunjungan terutama dari luar Kabupaten Banyumas. Namun dari sisi pendapatan, kami kesulitan untuk memungut karcis terhadap para pengunjung beberapa kegiatan yang digelar di Baturraden,” katanya.

Terkait upaya untuk mencapai target yang telah ditetapkan, dia mengatakan bahwa pihaknya terus menjalin komunikasi dengan biro-biro perjalanan wisata agar mereka bisa membawa wisatawan untuk berwisata ke Baturraden meskipun hingga saat ini Gunung Slamet masih berstatus “Siaga”.

Menurut dia, hal itu disebabkan kawasan di sekitar Lokawisata Baturraden aman untuk dikunjungi wisatawan karena jauh dari radius bahaya Gunung Slamet karena berjarak sekitar 12 kilometer dari puncak.

Selain itu, dia mengharapkan Lokawisata Baturraden dapat menjadi salah satu pilihan untuk berwisata pada musim liburan sekolah di bulan Desember 2014.

“Para pelaku wisata di Baturraden juga terus mengembangkan wisata kuliner guna menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung,” katanya.(ant/pj)

 

 

Advertisements