Home Headline Pendakian Gunung Merapi Ditutup Dua Bulan

Pendakian Gunung Merapi Ditutup Dua Bulan

Ilustrasi

Klaten, 12/1 (Beritajateng.net) – Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) akan melakukan penutupan sementara jalur pendakian menuju puncak gunung Merapi. Penutupan akan berlangsung kurang lebih selama dua bulan. Mulai  tanggal 16 Januari hingga 16 Maret 2015 mendatang.

Rencananya penutupan jalur pendakian oleh TNGM karena pihak akan melakukan pemulihan kembali kawasan konservasi hutan lindung Gunung Merapi dan juga perbaikan jalur pendakian yang mulai rusak.

Menurut  Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Jawa Tengah, Sri Winarno mengatakan surat penutupan jalur pendakian jalur Gunung Merapi oleh TNGM resmi telah diterima pihaknya Minggu (11/01/2015) lalu.

“Tujuan penutupan bagi pendaki umum karena pihak TNGM akan melalukan konservasi kembali dan memperbaiki jalur pendakian yang mulai rusak,” terangnya di Klaten Jawa Tengah, Senin (12/1/2014).

Kunjungan pendaki ke Gunung Merapi termasuk padat, terutama  dalam beberapa waktu terakhir, jumlah pendaki Merapi meningkat.

Misalkan malam Tahun Baru, bulan Suro (Muharam) juga 17 Agustus.
Akibatnya  banyak titik jalur pendakian yang rusak.

Selain rusaknya jalur pendakian, intensitas hujan yang mulai meningkat juga membuat banyak titik di sepanjang jalur pendakian yang rawan longsor dan perlu segera dilakukan perbaikan demi keselamatan para pendaki.

Sri Winoto juga berharap agar banyak pihak diantaranya relawan ataupun para pecinta alam untuk ikut menyebarkan informasi terkait ditutupnya jalur pendakian Merapi selama dua bulan ke depan untuk dilakukan perbaikan dan konservasi alam gunung Merapi.

“Jangan sampai para pendaki kecewa terlanjur datang namun jalur pendakiannya di tutup,” imbaunya.(Bj24)