Home News Update Pendaki Hilang Ditemukan Meninggal Dekat Ladang Edelweis

Pendaki Hilang Ditemukan Meninggal Dekat Ladang Edelweis

Zainuri (baju lorek), pendaki gunung yang hilang ditemukan tewas.

Zainuri (baju lorek), pendaki gunung yang hilang ditemukan tewas.

Klaten, 15/4 (BeritaJateng.net) – Hilang selama hampir dua pekan pendaki asal Klaten yang hilang saat berada di Gunung Sindoro Temanggung Jawa Tengah, Ahmad Zaenuri ditemukan. Namun kondisinya saat ditemukan sudah meninggal dunia. 

Ketua Lembaga Bencana (LPB) Muhammadiyah Solo Raya dan Kedu,Eko Hari Mursanto Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta ini ditemukan pertama oleh  tim  Search Rescue Unit (SRU) 2, hari Rabu (15/4/2015) sekitar  pukul 11.45 WIB.

“Jenasah saat ditemukan berada di sebuah aliran sungai yang berjarak sekitar 3 KM dari puncak Gunung Sindoro.‬ ‪Korban ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia,” jelasnya Rabu (15/4/2015).

Selanjutnya ungkap Eko, proses evakuasi  terhadap korban masih berlangsung dan membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam untuk bisa membawa turun jenasahnya.  

“Rencananya jenasah akan langsung dibawa ke rumah duka di desa Jemawan kecamatan Jatinom Klaten  untuk kemudian dimakamkan,” lanjutnya. 

Jenasahnya sendiri menurut Eko akan tiba di rumah duka sekitar  Kamis dini hari nanti.‬ Diduga korban meninggal karena mengalami Hipothermia (kedinginan), di tambah juga dengan  minimnya pengalaman mendaki.

Eko menjelaskan korban adalah pendaki pemula,dan belum mengenal kondisi medan pendakian. Korban juga belum berpengalaman dalam mengatasi serangan hawa dingin.  

“Terlebih lagi saat terpisah dari rombongan, korban tidak membawa bekal makanan, maupun pakaian. Dugaan kami,korban terpeleset kejurang dan hanyut dialiran sungai,” lanjut Eko. 

Proses pencarian ungkap Eko juga terus dilakukan di tengah kendala cuaca yang tak menentu. Lokasi yang sering diselimuti kabut tebal, hujan deras dengan petir. Saat ini pihak keluarga sudah menunggu di lokasi. (BJ24)

Advertisements