Home Headline Pencipta Asli Lagu Sayang ‘Somasi’ Via Vallen

Pencipta Asli Lagu Sayang ‘Somasi’ Via Vallen

28936
Anton Obama menunjukkan album hasil karyanya yang diklaim oleh Via Vallen.

Semarang, 8/10 (BeritaJateng.net) – Fenomena somasi rupanya sedang ngehit belakangan ini. Setelah publik dibuat heboh dengan saling melakukan somasi dalam kasus Mario Teguh-Kiswinar, kali ini somasi tak kalah heboh datang dari kalangan musisi dangdut Indonesia.

Anton Obama (50), pencipta asli lirik lagu ‘Sayang’ melayangkan somasi ke salah satu stasiun TV nasional.

Pasalnya dalam program ajang pencarian bakat penyanyi dangdut pada stasiun TV tersebut lagu Sayang miliknya ditulis sebagai lagu ciptaan Via Vallen.

“Bagi saya aneh. Hal itu terlalu berani ngeklaim karya orang lain sebagai karyanya,” protes Anton geram.

Pasca tayangan program pencarian bakat tersebut, Anton segera menunjuk kuasa hukum untuk menyelesaikan masalah pencurian hak cipta lagunya.

Anton Obama saat menggelar konferensi pers
Anton Obama saat menggelar konferensi pers

Somasi lantas dilayangkan ke pihak stasiun TV. Beruntung stasiun TV yang lekat dengan beragam segmen pencarian bakat itu merespon positif. Bahkan mereka mengaku siap melakukan investigasi dan memberi keputusan secepatnya.

Jika keputusan nanti tidak berpihak padanya, Anton dan kuasa hukum telah menyiapkan langkah berikutnya.

“Kami akan melayangkan somasi ke artis dangdut asal Surabaya Via Vallen. Dia telah menyalahi aturan penulisan lirik,” jelas Anton yang berprofesi sebagai penguasaha kayu ini.

Selain Via Vallen, lagu Sayang juga pernah diklaim oleh Band Hip Hop dangdut asal Jogja. Namun persoalan itu selesai dengan cepat karena pihak managemen Band Hip Hop tersebut segera meminta maaf.

“Dengan gentle mereka meminta maaf telah mendaur ulang dan mengkomersilkan lagu saya,” tambah seniman kelahiran Surakarta ini kalem.

Lagu Sayang sangat fenomenal di kalangan pecinta musik dangdut. Lirik reff-nya begini ” Sayang…opo kowe krungu jerite atiku mengharap engkau kembali. Sayang…nganti memutih rambutku ora bakal luntur tresnaku”

Anton mengaku ada perasaan galau cukup dalam yang menginspirasi terciptanya lagu itu.

“Saya buat lagu ini sekitar tahun 2006 karena patah hati. Kekasih pergi meninggalkan saya tanpa mau mendengar jeritan hati kala itu,” ujar Anton yang fasih bahasa Belanda ini.

Inspirasi dalam lagu Sayang itu adalah sosok perempuan asal Belanda yang dia pacari sejak lama. Anton yang pintar membuat lirik lagu cinta ini lama menetap di Belanda untuk menjalankan bisnis kayunya dari tahun 1980-1990 an.

Dari situlah ia mengenal sang kekasih hati, gadis Belanda nan cantik jelita.

“Meski ia berlalu tapi sampai saat ini saya masih mencintainya,” tambah Anton.

Awal mula lagu Sayang menyebar luas adalah dari ide Toni,salah satu rekan musisi dangdut yang pernah satu grup dengan Anton di Band OBAMA (Oriental Band Mandarin).

“Saya minta ijin untuk memainkan dan memproduksi lagu Om Anton di studio. Saya gandeng teman penyayi, Dhyen untuk membawakan lagu itu,” kata Toni mantap.

Setelah diproduksi,lagu itu mereka unggah ke SoundCloud pada tahun 2013. Tak lama ada unggahan di Youtube dari rekaman seseorang saat Toni dan Dhyean show panggung dangdut.

Namun tiba-tiba ada tayangan lain yang lebih santer muncul dari grup musik asal Jogja yang membawakan lagu Sayang versi Hip Hop.

“Dari temuan ini kami tergugah untuk mengembalikan hak karya lagu tersebut. Seni itu mahal. Kami ingin lagu ini kembali atas nama hak pencipta yaitu Om Anton,” pungkas Toni yang menjadi tim somasi lagu Sayang. (Shinta Ardhani/BJ)

Comments are closed.