Home Headline Penambang Pasir Terkena Longsoran Batu

Penambang Pasir Terkena Longsoran Batu

416
0
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Klaten, 28/1 (BeritaJateng.net) – Penambangan pasir Merapi di wilayah Kaliworo Klaten kembali memakan korban jiwa.

Suwarman (40)  warga Dukuh Modinan, Desa Kanoman, Kecamatan Karangnongko, Klaten, seorang pekerja di penambang pasir tewas tertimbun longsor. Korban tertimpa  material batu  ketika menambang pasir di bagian bawah.

Berdasarkan informasi, saat kejadian korban sedang menambang di  penambangan sekitar Cekdam III Kali Woro di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Namun sayangnya saat sedang menambang Suwarno tidak melihat ada batu berukuran besar yang jatuh kemudian menimpa korban yang berada tidak jauh dari lokasi tersebut. 

Warno, salah satu korban selamat mengaku saat kejadian sekitar  07.30 WIB meski penambang lainnya berusaha mengingatkan korban dengan berteriak dan menyuruh agar menepi, namun Suwarno tetep tidak perduli. 

“Kita sudah ingatkan agar minggir ada batu nggelinding dari atas, namun dia diam saja. Sampai akhirnya menimpa korban,” terangnya di Klaten Jawa Tengah  Rabu (28/1/2015).

Tak berapa lama  Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten yang mendapat laporan dari relawan Merapi segera datang ke lokasi dan membantu mengevakuasi jasad korban, yang langsung diserahkan pada pihak keluarga.

Kepala Pelaksana BPBD Klaten Sri Winoto menegaskan agar para penambang selalu berhati-hati dalam segala kondisi.  

“Kita telah sering memberi peringatan pada para penambang agar selalu berhati-hati. Dan mencari lokasi yang aman.  Kita juga minta agar dalam menambang mematuhi segala aturan dan tidak merusak lingkungan,” jelas Sri Winoto. 

Kewaspadaan sesema penambang mesti ditingkatkan juga saling mengingatkan untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kejadian serupa terjadi terakhir kali menimpa korban bernama Sutopo Rabu, (27/8/2014) lalu warga  Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, Jateng, yang juga menjadi korban. (BJ24)