Home Lintas Jateng Pemuda Muhammadiyah Membuka Madrasah Ulumul Quran

Pemuda Muhammadiyah Membuka Madrasah Ulumul Quran

image

Semarang, 3/7 (BeritaJateng.net)-Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang membuka secara simbolik Madrasah Ulumul Qur’an di Masjid At-Taqwa, Kompleks RS. Roemani Semarang, Jumat (3/7). Namun secara praktik, setelah hari Raya Idul Fitri baru terjadwal secara sistematis.

Madrasah ini sebagai pedoman dan pijakan gerakan ubudiyah dalam kehidupan sehingga harus dipahami. Mulai dari pengenalan apa itu Al Qur’an hingga bagaimana cara membacanya, memahami penafsirannya dan bagaimana mengamalkan isi kandungannya.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang AM Jumai menjelaskan kedepannya kegiatan seperti ini tidak hanya sesaat seremonial saja. Tetapi lebih komprehensif dan berkesinambungan dengan berbagai narasumber yaitu HM. Arif Rahman.,Lc, Prof. Dr. H. Suparman Syukur, Dr. H. Zuhad Masduki dan HM. Hasan As’ari ‘Ulama’I. Para ulama itulah yang memiliki kapasitas kemampuan untuk bisa membantu, mengarahkan dan memberikan pengetahuan berkaitan dengan Ulumul Qur’an sampai pada ranah tafsir.

“Pemuda Muhammadiyah merasa hal ini penting dilakukan karena hampir generasi muda saat ini jauh dari jiwa Qur’ani. Pendidikan Ulumul Qur’an ini kita lakukan serius dan ada silabusnya,”ujarnya.

Seperti halnya kajian diskusi rutin, dari narasumber memaparkan tentang materi yang disampaikan, kemudian ada sesi tanya jawab. Khusus dari sisi praktik pembacaan Al Qur’an dan nahwu sharafnya. Selain itu juga belajar dari makhrijul hurufnya seperti apa, pelafadzannya dan sistem tadarusnya.

Masjid At-Taqwa sebagai sentral utama pusat kegiatan pemuda Muhammadiyah di Kota Semarang. Masjid diharapkan menjadi perkumpulan anak muda, tidak hanya untuk sholat wajib saja, tetapi untuk meningkatkan kualitas keilmuan khususnya dibidang Ulumul Qur’an.

“Dengan silabus pengenalan Al-Qur’an, dari sisi sebab turunnya ayat, urutan penulisan, kodifikasi, cara membaca, kemukjizatan, nasikh, munsukh, dan penolakan hal-hal yang bisa menimbulkan keraguan terhadapnya, “imbuhnya. (BJT01)