Home Lintas Jateng Pemprov Siapkan 26 Penjabat Bupati/Walikota

Pemprov Siapkan 26 Penjabat Bupati/Walikota

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang, 5/5 (BeritaJateng.net) – Guna mengisi kekosongan jabatan bupati/walikota yang habis masa jabatannya bersamaan dengan pelaksanaan pilkada langsung 9 Desember mendatang, Pemprov Jateng menyiapkan 26 PNS yang akan menjabat pelaksana harian (Plh) bupati/walikota.

Hal itu disampaikan Sekda Jateng Sri Puryono dalam rapat kerja Desk Pilkada Jateng dengan KPU, Bawaslu dan Komisi A di Gedung Berlian, Jalan Pahlawan Semarang,  Selasa (5/5).

“Kami sudah siapkan 26 orang PNS eselon dua dan memiliki golongan minimal IVB untuk menjadi pejabat bupati/walikota di 21 daerah yang melaksanakan pilkada” ungkapnya.

Sri Puryono yang juga menjabat sebagai Ketua Desk Pilkada Pemprov Jateng menjelaskan, pemprov akan mengusulkan tiga orang untuk masing masing kabupaten/kota ke Mendagri yang akan dipilih satu untuk mengampu jabatan tersebut. “Sisanya merupakan PNS yang berasal dari kabupaten kota setempat,” jelasnya.

Pejabat yang nantinya ditunjuk Mendagri sebagai pelaksana harian bupati/walikota, tambah Sri Puryono, harus cuti dari jabatannya dan akan ditugaskan pelaksa tugas guna mengampu jabatan yang ditinggalkan dan akan dikembalikan setelah selesai masa jabatannya.

Selain persyaratan eselon, golongan dan pangkat, pejabat yang diusulkan harus memenuhi persyaratan memiliki pengalaman di bidang pemerintahan dan DP3 nya tiga tahun berturut turut nilainya baik. (BJ013)