Home Ekbis Pemprov Jateng Berencana Terbitkan Kartu Ternak

Pemprov Jateng Berencana Terbitkan Kartu Ternak

Ilustrasi

Semarang, 4/2 (BeritaJateng.net) – Guna menertibkan kepemilikan hewan ternak khususnya sapi, Pemprov Jawa Tengah berencana menerbitkan kartu kepemilikan ternak.

Kartu ini menjadi satu satunya bukti kepemilikan atas hewan ternak dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Agus Wariyanto mengungkapkan, program ini akan segera diluncurkan pada pertengahan tahun 2015. “Kami akan melakukan uji coba di enam kecamatan di Kabupaten Kebumen,” ungkapnya di Komisi B DPRD Jawa Tengah, Rabu (4/2).

lebih lanjut Agus menjelaskan, pada uji coba penerapan kartu ternak ini, Pemprov mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 150 juta. Anggaran sejumlah itu diperkirakan bisa mengcover sebanyak 30.000 ekor sapi.

“Salah satu kegunaan kartu ternak ini sebagai bukti ketika akan dilakukan penyembelihan atau jual beli. Kedepan sapi yang akan disembelih atau diperjualbelikan harus dilengkapi dengan kartu ternak ini,” jelasnya.

Kalau uji coba tersebut berhasil, tambah Agus, program kartu ternak ini akan diberlakukan terhadap semua jenis hewan ternak yang ada di Jawa Tengah. Hal ini dimaksudkan agar tata niaga peternakan  bisa berjalan dengan baik di Jawa Tengah.

Kabupaten Kebumen dipilih sebagai tempat uji coba mengingat di wilayah ini terdapat sentra peranakan dan pembibitan sapi yang jumlahnya cukup signifikan.

Selain Kebumen, daerah lain yang memiliki jumlah sapi cukup banyak adalah Wonosobo, Purbalingga, Banyumas dan Kabupaten Magelang. (BJ013)