Home Headline Pemprov Harus Tegas Terhadap Galian C

Pemprov Harus Tegas Terhadap Galian C

ilustrasi
image
Ilustrasi

Semarang,6/2 (Beritajateng.net) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah harus tegas menindak pengusaha penambangan Galian C yang melanggar ketentuan termasuk yang tidak melaksanakan ketentuan tentang kerusakan lingkungan yang timbul akibat pelaksanaan penambangan yang dilakukan.

“Pemerintah harus tegas dan melakukan tindakan nyata karena kerusakan lingkungan yang ditimbulkan sering tidak diperhatikan,” ungkap Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah Ngainir Richardl, Jumat (6/2). di Gedung Berlian DPRD Jawa Tengah.

Menurut Richardl, selama ini kewenangan Galian C ada di Kabupaten/kota. Namun terbukti banyak terjadi kerusakan lingkungan terutama di area penambangan. Keluhan dari masyarakat sekitar tentang akibat yang ditimbulkan jarang mendapat solusi dari pengusaha.

“Selain lingkungan yang digali rusak, fasilitas jalan juga banyak yang rusak. Polusi udara pun menjadi langganan di sekitar lokasi penambangan,” jelasnya.

Oleh karena itu politisi PPP ini mengharapkan agar Gubernur membentuk tim untuk menangani dampak dari penambangan galian C ini. 

“Pemerintah tidak perlu takut terhadap oknum yang sering disinyalir membekingi penambangan galian C ini. Kepentingan masyarakat dan lingkungan harus diprioritaskan,” pungkasnya.(BJ13)