Home Headline Pemprov dan Pemkab Diminta Lebih Aktif Fasilitasi Pentas Wayang

Pemprov dan Pemkab Diminta Lebih Aktif Fasilitasi Pentas Wayang

1629
0

SEMARANG, 15/10 (Beritajateng.net) – Pentas budaya khususnya Wayang Kulit saat ini dirasa mulai berkurang padahal banyak pelaku budaya yang selama ini hidup dari pementasan wayang. Disamping itu dikawatirkan kecintaan terhadap Wayang Kulit akan luntur pada generasi yang akan datang.

Sehubungan dengan kondisi tersebut Pemprov Jateng dan Pemkab/pemkot di Jawa Tengah diminta lebih intens dalam memfasilitasi pementasan wayang kulit baik di tingkat pusat maupun di daerah.

“Peran pemprov dan pemkab/pemkot sangat besar dalam pelestarian budaya wayang ini. Saya minta Pemprov dan pemkab se Jateng lebih aktif fasilitasi pementasan (wayang),” ungkap Ketua Komisi C DPRD Jateng Asfirla Harisanto usai menghadiri pementasan wayang kulit dalam rangka tutupan Bulan Muharram 1440 H di Anjungan Jateng Taman Mini Indonesia Indah.

Asfirla menjelaskan, selain fasilitasi dalam pementasan, dukungan pemerintah daerah seperti dalam pembuatan regulasi dan penganggaran sangat diperlukan. Menurut Asfirla, Wayang bisa menjadi salah satu sarana strategis untuk membangun mental generasi muda melalui seni budaya.

Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka tutupan Bulan Muharram 1440 H yang diselenggarakan oleh pengelola Anjungan Jateng TMII menampilkan dalang perempuan Nyi Sumiyati Sabdosih dari Banjarnegara dengan mengusung lakon “Aswatama Landak”.

Penampilan atraktif dalang perempuan Nyi Sabdosih yang tampil dengan suara lantang mirip dalang laki laki mampu menarik minat masyarakat Jateng di Jakarta untuk menonton sampai pagi.

Anggota Komisi C DPRD Jateng yang juga asli Banjarnegara Sri Ruwiyati merasa bangga dan memberikan apresiasi atas penampilan dalang Nyi Sabdosih tersebut. Menurut Ruwi, sangat jarang dalang perempuan di Jawa Tengah bahkan di Indonesia.

“Saya sangat bangga ada perempuan di Banjarnegara yang menjadi dalang terkenal. Sangat jarang pentas wayang dengan dalang perempuan seperti ini,” katanya.

(NK)