Home Lintas Jateng Pemprov Alokasikan Anggaran Lebih Dari Rp9 Miliar Untuk Pasar Johar

Pemprov Alokasikan Anggaran Lebih Dari Rp9 Miliar Untuk Pasar Johar

image

Semarang, 11/5 (Beritajateng.net)- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan akan mengalokasikan anggaran sebanyak Rp9 Miliar lebih untuk membangun kembali Pasar Johar yang ludes dilalap si jago merah Sabtu malam kemarin. Selain dari Pemprov, anggaran pembangunan kembali pasar terbesar di Jawa Tengah ini juga diharapkan berasal dari pemerintah pusat dan Pemkot Semarang.

“Kita akan anggarkan lebih dari Rp9 miliar. Pasar Klewer saja kita bantu Rp. 9 miliar. Apalagi ini pasar terbesar di Jawa Tengah,” ungkapnya disela sela mendampingi Mendag Rahmat Gobel di lokasi kebakaran, Senin (11/5).

Menurutnya, bantuan tersebut diambilkan dari dana tak terduga yang memang disediakan oleh Pemprov Jateng. Oleh karena itu, sembari menunggu dana tak terduga turun, Pemprov Jateng berkoordinasi dengan Pemkot Semarang akan menyediakan pasar sementara bagi pedagang.

“Hari ini sudah dihitung dan harapannya laporanya bisa langsung masuk ke saya. Untuk itu kami dan pak Hendi (Walikota Semarang=red) akan menyiapkan format pasar sementara. Kami juga meminta itungan dengan pak Hendi untuk pasar sementara dan jumlahnya berapa,” jelasnya.

Sementara itu Anggota DPD RI asal Jateng Bambang Sadono mengharapkan agar pemulihan Pasar Johar tidak hanya dari segi pembangunan fisiknya saja, melainkan juga memikirkan nasib pedagang yang banyak mengeluh karena kesulitan modal mengingat dagangannya ikut ludes terbakar.

“Mereka mengeluh karena modalnya habis terbakar semua, Insya Allah akan dicarikan solusi. Pak Mendag sudah sepakat untuk mencarikan solusi permodalan ini.Tinggal kita bicarakan konsep dan penguatannya,” pungkasnya.(BJ013)

Advertisements