Home Lintas Jateng Pemkot Xian Jalin Sister City Dengan Solo

Pemkot Xian Jalin Sister City Dengan Solo

Solo, 1/12 (BeritaJateng.Net) – Delegasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Xian, Tiongkok akan mengunjungi Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada akhir Desember 2014, untuk melakukan kerja sama pembentukan “sister city” atau kota kembar.

“Pemkot Surakarta serius melakukan kerja sama sister city (kota kembar) dengan Pemkot Xian, Tiongkok. Setelah Pemkot Solo melakukan kunjungan ke Xian, Pemkot Xian juga akan melakukan kunjungan balik ke Kota Solo,” kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Pemkot Surakarta, Budi Yulistianto kepada wartawan di Solo, Senin.

Ia mengatakan ada beberapa agenda saat delegasi Pemkot Surakarta berkunjung ke Xian, salah satunya melihat Techno Park Xian, tata ruang kota dan sebagainya.

Budi mengatakan untuk konsep techno park hampir sama dengan Techno Park Solo (STP). Hanya di Xian jauh lebih andal dalam berbagai peralatan modern. Bahkan Techno Park Xian mampu memroduksi barang kelas dunia.

Menurut dia, kerja sama nantinya mengarah seperti pada penciptaan sumber daya manusia (SDM). Selain itu penggalian dan pengembangan produk baru sekaligus sebagai produsen.

“Ya ini sifatnya baru penjajakan. Kami kan sudah ke sana, nanti gantian Xian akan ke Solo. Rencananya akhir bulan ini,” katanya.

Ia mengatakan dalam kunjungan balik ini, program kota kembar akan diperdalam lagi. Setelah delegasi Xian melihat kondisi riil di Solo sehingga baru dapat dilakukan pembicaraan lanjutan terutama menyangkut hal-hal teknis.

Menurut dia, kerja sama itu akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesephaman (memorandum of understanding/MoU) antarkedua pihak.

Ditanya mengenai kerja sama sister city Solo dengan Montana, Bulgaria yang kandas di tengah jalan, Budi menyebut hal itu lebih dipengaruhi intensitas komunikasi kedua kota.

Ia mengatakan kunci keberhasilan kerja sama kota kembar terletak pada komunikasi. “Jadi kalau tidak ada komunikasi intensif akan menuai kegagalan,” katanya. (ant/pri)