Home Ekbis Pemkot Solo Upayakan Peminjaman Alun-alun Utara

Pemkot Solo Upayakan Peminjaman Alun-alun Utara

525
Walikota Solo Fx Hadi Rudiyatmo . Foto/Ist

Solo, 6/1 (Beritajateng.net) –  Pemkot Solo berusaha mengakomodir pemintaan para pedagang pasar Klewer untuk menggunakan alun-alun utara sebagai lokasi pasar darurat.

Walikota Solo Fx Hadi Rudiyatmo mengatakan, karena sebagian besar pedagang menolak dibangun pasar darurat di Benteng Vastenberg, maka Pemkot berusaha memenuhi permintaan para pedagang Klewer untuk ditempatkan sementara di Alun-alun Utara Kraton Solo.

Dengan begitu Rudy juga  membatalkan permohonan izin pembangunan pasar darurat kepada pihak Benteng Vastenburg yang sudah dilayangkan.”Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk meminjam Alun-alun Lor (utara) kepada pihak keraton,” ungkap Rudy di Solo Jawa Tengah, Selasa (6/1/2015).

Sebelumnya Pemkot Solo berniat untuk membangun pasar darurat di  Benteng Vastenburg Solo. Pertimbangannya lokasinya tidak terlalu jauh dengan Pasar Klewer yang terbakar dan luas lahannya juga mampu  menampung 2.000 lebih pedagang.

Rudy juga mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kraton Solo dan   mengirim surat yang isinya akan meminjam Alun- Alun Utara sebagai  lokasi pasar darurat.

Rudy juga menegaskan jika dalam tempo satu minggu ke depan  seluruh pedagang Pasar Klewer akan diminta membuat surat pernyataan yang berisi persetujuan untuk menempati pasar sementara.

Terpisah itu Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger mengaku, belum mengetahui adannya niat dari pihak Pemkot untuk meminjam Alun-alun Utara.

Bila benar, hal tersebut harus dibicarakan terlebih dahulu oleh pihak Keraton. Namun pada prinsipnya, bila ada itikad baik dari Pemkot, maka Keraton siap membuka tangan lebar-lebar. (BJ24)

Advertisements