Home Headline Pemkot Solo Siapkan 11 Pasar untuk Pedagang Klewer

Pemkot Solo Siapkan 11 Pasar untuk Pedagang Klewer

Solo, 2/1 (Beritajateng.net) – Sebanyak 11 pasar tradisional di Solo dipersiapkan untuk menampung para pedagang Pasar Klewer yang terbakar habis pada 27 Desember 2014, kata Kepala Dinas Pengelola Pasar Pemkot Surakarta Subagiyo.

Sebanyak 11 pasar yang letaknya tersebar di Kota Solo ada sekitar 315 kios yang bisa ditempati oleh para pedagang asal Pasar Klewer apa bila mereka mau dan ini sifatnya sementara sambil menunggu pembangunan pasar pusat tekstil terbesar di Jawa Tengah itu selesai, kata Subagiyo di Solo, Jumat.

“Ya ini sifatnya hanya tawaran kalau mau mereka bisa cepat menghubungi kami agar secepatnya diproses. Kalau tidak ya menunggu pasar darurat dibangun,” katanya.

Sebanyak 315 kios yang ditawarkan untuk para pedagang Klewer itu diantaranya pasar Pucang sawit, pasar Panggung Rejo, pasar Ngarso Puro, pasar Legi, pasar Harjo Daksino, pasar Nusukan, , pasar Kleco, , pasar Kembang, pasar Kadi Polo dan pasar Kliwonan.

Ia mengatakan untuk pedagang Pasar Klewer yang kiosnya terbakar kini sebagian juga sudah ada yang pindah di pusat perdagangan Benteng Trade Center (BTC). ” Ya menurut pengelolanya ada sebanyak 90 pedagang yang sudah pindah di pusat perdagangan ini”.

Pasar Klewer yang merupakn pusat perdagangan tekstil terbesar kedua di Indonesia setelah Tanah Abang Jakarta, itu menampung sebanyak 2532 pedagang, 750 pedagang emperan dan 500 pedagang oprokan.

Menyinggung mengenai pasar darurat, Subagiyo mengatakan sekarang ini sedang dikerjakan perencanaannya hanya saja, untuk tempatnya yang belum bisa dipastikan karena Pemkot Surakarta sudah tidak punya lahan sendiri.

“Ya Pemkot Surakarta memang sudah melayangkan surat kepada pemilik Benteng Vastenburg untuk di pinjam sebagai tempat pasar darurat menampung pedagang Pasar Klewer tetapi sampai sekarang juga belum ada jawaban, begitu pula untuk Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta, yang juga sering untuk upacara adat,” katanya.

Menyinggung mengenai para pedagang, Subagiyo mengatakan mereka menurut pemerintah mengenai pasar darurat. “Hanya saja mereka minta yang penting tidak jauh-jauh dengan Pasar Klewer yang terbakar itu,” katanya. (ant/BJ)