Home Lintas Jateng Pemkot Solo Larang Penggunaan Mobil Dinas Untuk Mudik, Bupati Karanganyar Masih Pikir-Pikir

Pemkot Solo Larang Penggunaan Mobil Dinas Untuk Mudik, Bupati Karanganyar Masih Pikir-Pikir

Mobil dinas
Mobil dinas
Mobil dinas

Solo, 30/6 (BeritaJateng.net) – Kebijakan terkait penggunaan mobil dinas untuk keperluan mudik selama lebaran ada dua perbedaan, dimana Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang memperbolehkan PNS menggunakan kendaraan dinas untuk mudik namun ada ketentuan persyaratan yang berlaku.

Di pihak lain, justru KPK menghimbau agar PNS tidak menggunakan fasilitas negara untuk keperluan pribadi. Pasalnya mobil dinas digunakan untuk melayani kepentingan masyarakat. 

Namun Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo dengan tegas memberlakukan larangan PNS  Pemkot Solo untuk memakai  kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi seperti mudik saat lebaran tiba dan diberlakukan untuk semua golongan. 

“Semua kendaraan dinas harus di kandangkan baik untuk roda empat maupun roda dua,” jelas Rudy di Balaikota Solo, belum lama ini. 

Alasan pelarangan tersebut salah satu  diantaranya ungkap Rudy, agar fasiltas negara tidak di pakai untuk kepentingan pribadi. Juga memberi contoh yang baik pada masyarakat dan untuk  mengurangi penggunaan  Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Sebab itulah Rudy meminta agar dilakukan pendataan kepada kendaraan dinas milik Pemkot Solo. Dimana nantinya mobil tersebut akan di tempatkan di  dua lokasi parkir yakni di Balaikota dan di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo).

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliatmono ketika dihubungi BeritaJateng.net menyatakan dirinya belum mengeluarkan surat edaran terkait pelarangan penggunaan mobil dinas untuk kepentingan pribadi selama mudik lebaran.

Yuliatmono mengatakan, kemungkinan akan dipinjamkan, namun dirinya juga menyatakan akan melihat dan mempelajari dulu bagaimana nantinya. 

“Di pinjamkan mungkin. Tapi kan kita pelajari dulu,” jelasnya singkat. (BJ24)