Home Ekbis Pemkot Solo Belum Bisa Bangun Pasar Darurat

Pemkot Solo Belum Bisa Bangun Pasar Darurat

Solo, 2/1 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kota Surakarta sampai sekarang masih belum bisa membangun pasar darurat untuk menampung sementara kegiatan usaha ratusan pedagang Pasar Klewer Solo yang terbakar habis, Sabtu (27/12).

Pasar darurat itu rencananya dibangun di lahan Benteng Vastenburg milik Robby Sumampauw, tetapi surat permohonan peminjaman yang telah dikirim beberapa hari lalu sampai sekarang juga belum ada jawaban, kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Solo, Jumat.

“Kami sebenarnya juga sudah mengirimkan surat untuk meminjam pemilik Hak Guna Bangunan (HGB) Benteng Vastenburg Robby Sumampauw, tetapi sampai sekarang juga belum ada jawaban, dengan terpaksa kita menunggu jawaban itu dulu,” katanya.

Ia mengatakan untuk pembangunan pasar darurat itu sampai sekarang belum bisa diputuskan, apakah di Benteng Vastenburg atau di Alun Alun Utara keraton Kasunanan Surakarta.

Menyinggung lokasi Alun Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta, FX Hadi Rudyatmo yang akrab disapa Rudy mengatakan bahwa alun-alun tersebut sering digunakan untuk upacara adat dan sekarang ini juga sedang berlangsung kegiatan sekaten.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Pemkot Surakarta Budi Yulistianto mengatakan, pembangunan pasar darurat tersebut apabila jadi di Benteng Vastenburg akan menggunakan kerangka baja dan dananya sekitar Rp28 miliar.

Ia mengatakan untuk pembangunan pasar darurat ini akan menggunakan dana dari APBD Tingkat II Surakarta, APBD Tingkat I Jawa Tengah dan dari APBN Pemerintah Pusat.

Dikatakan dana tak terduga dari APBD Tingkat II Surakarta itu hanya sebesar Rp4,8 miliar dan ini hanya bisa digunakan sebesar Rp2 miliar untuk pembangunan pasar darurat tersebut.

“Ya kami kan tidak bisa dana tersebut dialokasikan semua untuk membangun pasar darurat tersebut, nanti kalau ada apa-apa lagi gimana kita tidak punya anggaran,” katanya.

Advertisements