Home Lintas Jateng Pemkot Siapkan Armada Truk Untuk Bantu Pedagang Johar Pindah Ke Lapak Sementara

Pemkot Siapkan Armada Truk Untuk Bantu Pedagang Johar Pindah Ke Lapak Sementara

Semarang, 29/3 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Semarang akan menyiapkan armada truk untuk membantu pedagang Pasar Johar pindah ke lapak sementara di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang.

“Sejauh ini, mengenai Pasar Johar masih ‘on schedule’ (sesuai jadwal). Kepala Dinas Pasar sudah melapor mengenai rencana relokasi,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi menjelaskan dinas terkait terus berupaya untuk menggerakkan para pedagang agar mau pindah secara ikhlas dan mandiri ke lapak sementara yang sudah disediakan.

Pascakebakaran Pasar Johar, Pemkot Semarang membangun Lapak Sementara Pasar Johar di kawasan MAJT Semarang untuk menampung para pedagang korban kebakaran yang jumlahnya sekitar 4.000 pedagang.

Upaya Dinas Pasar menggerakkan pedagang sudah cukup berhasil, lanjut dia, terlihat dari sudah adanya beberapa kelompok pedagang yang berinisiatif melakukan boyongan sendiri ke lapak sementara.

“Kemarin, pedagang dari blok Johar Selatan sudah masuk lapak sementara di MAJT. Hari ini, persiapan pedagang di beberapa titik yang masih menempati kawasan Pasar Johar untuk pindah ke lapak sementara,” katanya.

Secara prinsip, Hendi mengatakan Pemkot Semarang mengapresiasi pedagang yang sudah pindah ke lapak sementara, namun bagi yang belum diberikan tenggat waktu hingga 30 Maret 2015 untuk dibantu pindah.

“Kami sudah siapkan beberapa armada truk dari instansi Pemkot Semarang, seperti dari satuan polisi pamong praja (PP), Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP), dan sebagainya pada Rabu (30/3) mendatang,” katanya.

Pemkot Semarang, kata Hendi, akan memaksimalkan armada-armada truk dan sejenisnya yang dimiliki untuk membantu kepindahan pedagang Pasar Johar ke lapak sementara pada 30 Maret 2016.

“Kalau masih ada yang membandel. Ya, kami tidak ‘pengen’ seperti itu. Nanti, pada 31 Maret 2016, aliran listrik yang ada di lapak darurat akan kami cabut. Kami minta keikhlasan pedagang untuk pindah,” katanya.

Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Trijoto Sardjoko membenarkan adanya bantuan armada untuk membantu kepindahan pedagang Pasar Johar dari lapak-lapak darurat ke Lapak Sementara Pasar Johar, Rabu (30/3) mendatang.

“Belasan truk sudah disiapkan, seperti truk satuan polisi pamong praja (PP), Dinas Bina Marga, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, dan sebagainya untuk membantu pedagang pindah,” katanya.(bj05)