Home DPRD Kota Semarang Pemkot Semarang Diminta Cepat Tanggap Atasi Aduan Warga

Pemkot Semarang Diminta Cepat Tanggap Atasi Aduan Warga

838
0
Warga Perumahan Dinar Indah mengadu ke dewan terkait ancaman banjir kiriman dilingkungannya.
        SEMARANG, 5/11 (BeritaJateng.net) – DPRD Kota Semarang meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) lebih responsif terhadap pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat. Kecepatan ini menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik. Hal itu dikemukakan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Agung Budi Margono, seusai dialog interaktif tentang pelayanan publik, kemarin.
         Agung menegaskan, apa yang dilakukan oleh Wali Kota Hendrar Priahdi bersama jajaran Pemkot sudah bagus. Pemkot memiliki komitmen kuat untuk memberikan pelayanan publik sesuai dengan UU Nomer 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
        “Saya sebagai pribadi menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota bersama jajarannya atas prestasi yang diraih. Namun, kami tidak boleh berpuas diri, karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi,” kata politikus PKS ini.
       Salah satunya adalah menyangkut kecepatan dalam merespons pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat. “Saya melihat masih ada beberapa pengaduan publik yang belum direspons secara cepat, misalnya sektor transportasi, khususnya parkir di tepi jalan umum,” katanya memberi contoh.
         Kalau memang kendalanya adalah kualitas sumber daya manusia (SDM) yang kurang mumpuni, DPRD Kota Semarang mempersilakan Wali Kota melakukan evaluasi. Dia menambahkan, pelayanan publik merupakan kewajiban pemerintah. Tujuannya adalah memberikan hasil berupa kesejahteraan masyarakat. “Pelayanan publik juga harus bebas diskriminasi, responsif, terbuka, dan efesien,” kata Agung.
         DPRD Kota Semarang sendiri sudah berupaya membuka saluran komunikasi dengan publik dengan memanfaatkan teknologi. “Kami ada forum reses, masyarakat juga bisa menyampaikan pengaduan melalui E-Sarapan, yang bisa diunduh di ponsel berbasis android. Silakan masyarakat memanfaatkan saluran aspirasi tersebut,” katanya.
         Pada kesempatan berbeda, Wali Kota Hendrar Prihadi menyambut baik apa yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Agung Budi Margono. Menurut Wali Kota, pelayanan publik di Pemerintah Kota Semarang telah hadir dengan berbagai macam terobosan, seperti Lapor Hendi, Ambulance Hebat, dan sebagainya. “Masyarakat semakin banyak melapor, berarti mereka peduli, mereka berkontribusi dan memberi solusi, tentu akan kami respons dan diselesaikan secepatnya,” ujar Wali Kota.
         Termasuk apakah nanti laporan valid atau tidak, jajaran Pemkot sudah siapkan tim verifikasi laporan atau aduan yang disampaikan. “Sekarang beberapa OPD sudah memiliki aplikasi pelaporan tersendiri yang berbasis teknologi informasi, saya kira itu mempermudah masyarakat dalam menyampaikan laporan ke Pemkot,” katanya. (El)