Home Life Style Pemkot Semarang Berencana Buat Museum Mini Situs Candi Duduhan Mijen

Pemkot Semarang Berencana Buat Museum Mini Situs Candi Duduhan Mijen

P_20151008_103930

Semarang, 8/10 (BeritaJateng.net) – Pemerintah kota Semarang berencana membuat museum mini untuk menampung temuan fisik batuan, arca dan artefak situs candi Duduhan Mijen Semarang.

Hal ini disampaikan Kabid Perencanaan Bappeda Kota Semarang, M Farchan usai kegiatan Forum Group Discussion (FGD) bertajuk Penemuan Situs Mataram Kuno, Kamis (8/10).

“Intinya kita menindaklanjuti temuan tersebut baik secara norma arkeologi dan perencanaan tata kota. Yang menarik lagi, kami berencana membuat tempat penampungan untuk melengkapi temuan fisik batuan yang ada. Bisa berupa museum mini atau gudang khusus,” ungkap Farchan.

Menurutnya, temuan fisik yang hingga saat ini kondisinya terpencar di beberapa tempat, nantinya bakal disatukan dan disimpan ditempat tertentu. “Kita melengkapi temuan terlebih dahulu. Kita gandeng arkeologi untuk mencari tahu bentuk diorama kota Semarang,” ujarnya.

Dia menyebutkan, jika temuan-temuan ini disatukan, tidak menutup kemungkinan untuk dapat menjadi daya tarik wisata baru di Kota Semarang.

Ditemui ditempat yang sama, Ketua Tim Peneliti Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Agustijanto Indrajaya berencana akan melakukan penelitian lebih lanjut.

“Hasil penelitian kemarin ditemukan bahwa artefak dan arca berupa Altar Balipita atau Altar persembahan yang biasa digunakan periodisasi mataram akhir yang usianya sekitar 850 masehi. Prediksi kami itu candi pemujaan syiwa atau Hindu,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya berencana melakukan esvakasi membuka semua lahan untuk diteliti. “Diteliti lagi, sebelum dibuka untuk pariwisata,” tuturnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, proses ekskavasi atau penggalian bangunan candi di Kampung Duduhan RT 4 RW 5, Kelurahan Mijen, Kecamatan Mijen, tersebut dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (PPAN) sejak Jumat (25/9) hingga Selasa (29/9). Usai melakukan penggalian, material bahan bangunan situs candi dikembalikan seperti semula.  (Bj05)