Home Lintas Jateng Pemkot Semarang Belum Sediakan Transportasi Umum Yang Nyaman

Pemkot Semarang Belum Sediakan Transportasi Umum Yang Nyaman

Djoko Setijowarno Pakar Transportasi Unika Soegijapranata Semarang
Djoko Setijowarno Pakar Transportasi Unika Soegijapranata Semarang

Semarang, 30/4 (BeritaJateng.net) – Pemkot Semarang dinilai terlambat dalam penyediaan moda transportasi umum yang layak dan nyaman bagi masyarakat.

Pertumbuhan penduduk di Kota Semarang yang pesat tidak diimbangi dengan penyediaan layanan transportasi umum yang memadai. Padahal penyediaan fasilitas publik satu di antaranya adalah transportasi umum menjadi kewajiban bagi pemerintah.

Hal itu ditegaskan pengamat transportasi dari Unika Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, Pakar Transportasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Menurutnya, Pemkot Semarang terlambat dalam menyediakan fasilitas transportasi umum bagi warganya. Sebab jumlah penduduk Kota Semarang yang mencapai lebih dari 1,4 juta jiwa itu berbanding terbalik dengan jumlah angkutan umum yang layak dan nyaman.

Seharusnya, jelas Djoko, pemkot meniru pemerintah Singapura dalam hal penyediaan layanan publik, khususnya transportasi umum.

Lebih lanjut Djoko menjelaskan, penyediaan transportasi umum bukan berbicara soal jumlahnya, tetapi aksesnya yang mudah dijangkau masyarakat. Karena lebih dari 90 persen masyarakat Kota Semarang memulai aktivitasnya dari kawasan permukiman. Sehingga, transportasi yang layak dan nyaman tersebut, harus bisa menjangkau kawasan penduduk. (Bj23)