Home Kesehatan Pemkot Semarang Akan Permudah Proses Pengurusan Jamkesmaskot

Pemkot Semarang Akan Permudah Proses Pengurusan Jamkesmaskot

748

 

Semarang, 23/2 (BeritaJateng.net) – Pemkot Semarang akan mempermudah proses pengurusan Jaminan Kesehatan Masyarakat Kota (Jamkesmaskot) Semarang agar pelayanan kesehatan bagi warga kurang mampu leebih optimal.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di sela kunjungan ke RSUD Semarang di Ketileng, Selasa (23/1). Menurutnya, selama ini masih ada prosedur pengurusan Jamkesmas yang menyulitkan warga.

“Setelah mengurus ke RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan, warga masih harus ke Dinas Kesehatan. Saya akan meminta Dinas Kesehatan untuk mempersingkat proses mengurusnya,” terangnya.

Dijelaskan, Dinas Kesehatan akan dimintanya menempatkan staf khusus di Rumah Sakit Umum Daerah. Dengan demikian, warga tidak perlu datang jauh-jauh ke Dinas Kesehatan untuk menyelesaikan pengurusan Jamkesmas tersebut.

Diakui, warga yang membutuhkan Jamkesmas di kota ini cukup banyak. Sementara mereka masih kesulitan karena panjangnya prosedur yang harus ditempuh.

“Seperti hari ini saya menemukan banyak pasien kurang mampu yang sakit DB dan tipes yang belum memiliki Jamkesmas. Ini harus dipercepat agar layanan kesehatan untuk mereka dapat lebih optimal demi peningkatan derajad kesehatan warga,” tukasnya.

Selain itu, pihaknya akan meminta Dinas Kesehatan untuk memberikan edaran terkait penggunaan celana panjang bagi siswa SD swasta. Selama ini, penggunaan celana panjang hanya dilakukan siswa SD Negeri untuk mencegah menularnya penyakit Demam Berdarah (DB) terhadap anak-anak.

Wawali juga berharap ada taman bermain di RSUD untuk mengakomodir anak-anak pasien agar tidak berkeliaran di lingkungan rumah sakit. Salah satunya adalah dengan menggandeng pihak swasta untuk menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membangun taman bermain tersebut. (Bj05)