Home Lintas Jateng Pemkab Pekalongan Pasang Alat Deteksi Tanah Longsor

Pemkab Pekalongan Pasang Alat Deteksi Tanah Longsor

Ilustrasi

Pekalongan, 17/12 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan, Jawa Tengah, memasang alat deteksi dini tanah longsor di sejumlah lokasi yang terindikasi sebagai daerah rawan bencana.

Kepala Seksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan, Agus Arifin di Pekalongan, Rabu, mengatakan sebagian besar alat tersebut dipasang di sejumlah wilayah kecamatan bagian atas atau yang berbatasan langsung dengan dataran tinggi Dieng.

“Bahkan ada dua titik di Desa Wangkelang dan Bojongkoneng yang terdapat retakan tanah mulai dipasang alat ‘Gama EWS’ yang berfungsi mendeteksi dini tanah longsor,” katanya.

Ia mengatakan sejumlah daerah yang rawan bencana longsor tersebut, antara lain Kecamatan Kandangserang, Petungkriono, Paninggaran, Doro dan Lebakbarang.

Selain memasang alat deteksi longsor, kata dia, Pemkab Pekalongan juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Agus juga menyebutkan beberapa daerah rawan banjir, antara lain Kecamatan Tirto, Wonokerto, Siwalan, Sragi, Wiradesa, Kesesi, Buaran dan Kedungwuni.

“Oleh karena itu, kami mengimbau warga di daerah rawan bencana selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadi tanah longsor dan banjir,” katanya.

Ia menambahkan meski Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi sudah menyatakan Kecamatan Kandangserang menjadi zona merah rawan longsor tetapi warga lebih memilih bertahan menempati lokasi itu sebagai tempat hunian mereka.(ant/pj)

Advertisements