Home Ekbis Pemkab Magelang Kembangkan Budidaya Ikan Beong

Pemkab Magelang Kembangkan Budidaya Ikan Beong

6327

ikan beong

Magelang, 13/2 (BeritaJateng.net) – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengembangkan budidaya ikan beong yang merupakan jenis ikan lokal yang selama ini belum pernah dikembangkan di masyarakat.

“Masakan ikan beong menjadi salah satu menu utama di sejumlah warung makan di Magelang, untuk memenuhi kebutuhan selama ini hanya mengandalkan penangkapan di sungai,” kata Kepala Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, Sri Hartini di Magelang, Jumat.

Menurut dia kalau penangkapan terus menerus dilakukan maka lama-kelamaan ikan tersebut akan habis sehingga harus ada upaya untuk budidaya.

Ia menuturkan guna memenuhi kebutuhan di sejumlah warung tersebut sebagian masih mendatangkan ikan beong dari daerah lain.

“Melalui Balai Benih Ikan Sawangan, kami mencoba memijahkan ikan beong di kolam. Memang kami belum pada budidaya, tetapi sudah berhasil memijahkan di kolam,” katanya.

Ia mengatakan dengan dua ekor indukan berhasil memijahkan, maka media kolam juga cocok terbukti indukan bisa bertelur. Kondisi ini memungkinkan untuk membudidayakan ikan beong di kolam.

“Kami berharap ikan beong seperti ikan lele yang sebelumnya juga merupakan jenis ikan perairan umum yang sekarang berhasil dibudidayakan,” katanya.

Menurut dia prospek budidaya ikan ke depan semakin baik, karena masyarakat cenderung beralih mengkonsumsi ikan dari pada daging karena harga daging mahal. (ant/BJ)