Home Lintas Jateng Pemkab Kudus Usulkan Alokasi Pupuk Urea 12.130,83 Ton

Pemkab Kudus Usulkan Alokasi Pupuk Urea 12.130,83 Ton

image
Ilustrasi

Kudus, 4/12 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengusulkan alokasi pupuk urea untuk daerah ini pada 2015 sebanyak 12.130,83 ton, kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan setempat Budi Santoso.

“Dari usulan sebanyak itu, terbagi untuk tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan dengan jumlah bervariasi,” katanya didampingi stafnya Abdullah Muttaqim di Kudus, Kamis.

Khusus untuk komoditas tanaman padi, kata dia, diusulkan sebanyak 10.199,79 ton.

Sementara usulan alokasi pupuk jenis lain, yakni SP 36 diusulkan sebanyak 1.929,78 ton, NPK sebanyak 9.742,20 ton, ZA sebanyak 6.833,91 ton, dan organik sebanyak 9.566,93 ton.

Usulan alokasi berbagai jenis pupuk tersebut, kata dia, sudah disampaikan kepada Pemprov Jateng untuk dilakukan rekapitulasi dengan usulan dari daerah lain.

Ia mengatakan usulan tersebut disesuaikan dengan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK). RDKK disusun berdasarkan kebutuhan pupuk petani di setiap kecamatan.

Usulan alokasi pupuk tahun depan, katanya, secara umum mengalami peningkatan dibandingkan alokasi pupuk yang diterima Kudus tahun ini, karena disesuaikan dengan target produksi tanaman padi tahun depan.

Sejauh ini, lanjut dia, kebutuhan pupuk petani di Kudus cukup aman dan tidak ada kelangkaan, karena disesuaikan dengan kebutuhan petani.

“Jika kebutuhan pupuk di Kudus bertambah, tentunya bisa mengajukan penambahan alokasi pupuk,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut dia, pemantauan distribusi dan ketersediaan pupuk di lapangan tetap dipantau, agar tidak ada persoalan terkait ketersediaan pupuk.

Adapun luas areal tanam yang ditargetkan tahun depan sekitar 28.850 hektare dengan target produksi sebanyak 145.000 ton setara beras.

Sementara realisasi produksi beras tahun ini, kata dia, mencapai 138.000 ton dan masih bisa bertambah karena masih ada yang belum panen.(ant/pj)