Home Kesehatan Pemkab Kendal Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemkab Kendal Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

97
0
Dari kiri, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Bupati Kendal Mirna Annisa dan Menkumham RI Yasona Hamonanang Laoly saat meninjau Lapas Klas II B Bleder
              KENDAL, 4/8 (BeritaJateng.net) — Pemerintah mengajak masyarakat untuk membudayakan budaya hidup sehat, melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Di Kendal, sosialisasi Germas diadakan di Alun-alun Kendal ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama untuk menjaga hidup.
              Kepala Dinkes Kendal, Sri Mulyani mengatakan, Germas digelar agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat, yaitu dengan cara melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur adan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. “Gerakan ini merupakan gerakan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah,” kata dr. Sri Mulyani.
            Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur menyampaikian pesan dari Bupati Kendal dr Mirna Annisa dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Germas ini harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian, selanjutnya ke lingkungan kantor dan lingkungan masyarakat sekitar. “Mari dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat, saat ini juga,” imbaunya.
               Pada kesempatan itu, Bupati Mirna juga mengingatkan kepada ibu-ibu untuk melakukan imunisasi MR (Measles Rubella) bagi anak-anaknya  pada bulan Agustus dan September yang dilakukan secara massal oleh pemerintah. Imunisasi massal ini sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularab virus campak dan eubella pada anak usia 9 bulan sampai usia kurang dari 15 tahun.
             “Mari kita manfaatkan program pemerintah ini, agar anak-anak kita bebas dari penyakit campak dan rubella. Silahkan datang ke posyandu, puskesmas dan sarana kesehatan lainnya, serta sekolah-sekolah,” imbaunya lagi.
             Acara Germas diramaikan bazar makanan sehat dan pemeriksaan kesehatan gratis. Makanan sehat yang disajikan yaitu makanan tanpa pewarna buatan, tanpa pemanis, tanpa dan tanpa bahan pengawet. Beberapa macam makanan yang ditampilkan di antaranya roti, keripik tempe, abon, dawet sukun dan buah pisang. (sty/el)