Home News Update Pemkab Kendal Berikan Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi

Pemkab Kendal Berikan Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi

30
0
Pemkab Kendal Berikan Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi
           KENDAL, 22/5 (BeritaJateng.net) – Dua orang siswa yakni Arif Susanto kelas XI TKR 2 dari SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo dan Ahmad Nur Fatkkhul Cholbi dari SMKN 2 Kendal menerima penghargaan dari Pemkab Kendal atas keberhasilannya meraih prestasi di tingkat Nasional. Penyerahan penghargaan diberikan Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Piter Dwi Ardianto Mulyadi didampingi Sekda Kendal Bambang Dwiyono, Ketua DPRD Kendal, Prapto Utono, Kadiskominfo Muryono, dan Kadisdikbud Agus Rifai beserta Forkompinda Kendal, usai upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-109 Tingkat Kabupaten Kendal tahun 2017, di alun-alun Kabupaten setempat, Senin (22/5).
           Arif Susanto merebut Juara I Tingkat Nasional dalam ajang Lomba Inovasi SMK dengan karya berjudul ‘Gyroscopic Suspension’ yang berfungsi mengatur ketinggian suspensi sehingga membantu kenyamanan saat berkendara. Jadi saat mobil berbelok ke kiri maka penumpang mobil akan miring ke sebelah kanan, sehingga kemudian coba dibuat agar penumpang mobil tetap nyaman dengan cara memendekkan suspensi mobil sehingga penumpang tetap berada di sebelah kiri.
            Awalnya, kami yang merupakan tim bersama Sang Surya dari SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo dan guru pembimbing, Budi Setiawan, mengembangkan teknologi ini. Tertarik dengan sistem ini karena merupakan pengembangan dari teknik sebelumnya yakni suspensi mengatasi jalan bergelombang, namun saat berbelok, khususnya tikungan tajam belum ada teknologi pendukungnya. Persiapan untuk menghadapi lomba membutuhkan setidaknya waktu dua bulan untuk persiapan penelitian.
            “Proses ini masih dalam tahap pengembangan karena untuk kemiringan lima derajat saja membutuhkan waktu 31 detik, untuk pengaturannya. Harapannya untuk ke depan kami bisa mengembangkannya lagi dengan teknologi air suspension. Alat sendiri masih belum begitu praktis karena menyesuaikan dengan mobilnya. Karena untuk mengatur titik ketinggian masih belum bisa sama, jadi sampai titik maksimal belum sesuai kemiringan yang diinginkan,” ujarnya.
           Kepala SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, Agus Budi Utomo mengungkapkan pihaknya telah mengembangkan inovasi keahlian bagi para siswa sejak 2012. Hasilnya pada tahun 2014 menjadi juara satu AHM untuk TSM. Selanjutnya tahun 2017 berhasil menghasilkan teknik ‘Gyroscopic Suspension’.
            “Teknik ini mengatur kedataran saat mobil berbelok, sehingga penumpang tidak akan terlempar dari tempat duduknya karena ada gaya sentrifugalnya. Namun karena keterbatasan, kami belum bisa menggunakan teknik ini dengan sistem hidrolik. Namun ke depan akan kami kembangkan seperti itu, tentunya dengan dukungan dari Pemkab Kendal hal ini bisa terwujud,” harapnya.
            Sementara itu, Siswa SMKN 2 Kendal, Ahmad Nur Fatkkhul Cholbi meraih Juara I Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional di Solo 15 – 19 Mei lalu. LKS merupakan lomba yang cukup bergengsi untuk SMK  karena merupakan kegiatan lomba berupa adu ketrampilan atau skill para siswa dalam sebuah kompetensi. Sedangkan Puji Sulistiono yang berasal dari SMK sama, merupakan juara LKS Tingkat Nasional 2016, yang telah terpilih untuk maju Wold Skill Competetion (WSC), yang merupakan lomba kompetensi siswa tingkat internasional, rencananya dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Oktober 2017 ini. (sty/El)