Home Ekbis Pemkab Jepara akan Naikkan Pamor Udang Windu

Pemkab Jepara akan Naikkan Pamor Udang Windu

Jepara, 5/8 (BeritaJateng.net) – Pemerintah melalui Dikertur Jenderal Perikanan Budidaya pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto menyatakan akan menaikkan pamor udang windu. Sebab, selama ini pamor udang windu masih kalah dengan pamor udang jenis lainnya seperti udang vaname.

“Yang menjadi target kita untuk budidaya ini adalah bagaimana mengupayakan udang windu jadi primadona juga. Kita ingin menaikkan pamor udang windu. Beberapa upaya akan kita lakukan misalnya dengan melakukan kerjasama dengan pemasaran. Sebetulnya, di Jepang ada yang minta banyak. Tapi kontinuitasnya yang masih jadi kendala,” ujar Slamet di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara.

Menurutnya, sebenarnya kualitas udang windu lebih enak, baik rasa maupun warnanya. Selain itu pemeliharaannya juga lebih mudah. Hanya saja, sisi produktifitasnya yang memang masih kurang jika dibanding dengan udang vaname.

“Kalau produktifitas vaname lebih tinggi karena memang seperti ikan. Tapi udang windu terbatas,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kedepan bagaimana sistem budidaya ikan payau ini secara berkelanjutan dapat berkembang. Dan juga pihaknya menginginkan produk yang dihasilkan tetap aman dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kita kedepan pengembangkan udang vaname kita tingkatkan, namun porsi udang windu juga kita kembangkan. Seperti di Kalimantan dan yang lain,” imbuhnya. (BJ18)