Home Ekbis Pemkab Blora Terima 674 ribu Ikan dari Pemprov Jateng

Pemkab Blora Terima 674 ribu Ikan dari Pemprov Jateng

344
0
Pemkab Blora Terima 674 ribu Ikan dari Pemprov Jateng
       BLORA, 10/3 (BeritaJateng.net) – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah tahun ini menyalurkan bantuan bibit/benih ikan yang jumlahnya cukup banyak untuk Kabupaten Blora. Kepala DKP Jateng Lalu M. Syafriadi,  mengatakan bahwa untuk Blora pihaknya mengalokasikan benih ikan total 674 ribu ekor yang akan ditebar di perairan umum seperti embung dan waduk.
        “Tahun ini kami memberikan bantuan untuk Blora sebanyak 674 ribu ekor benih ikan agar dilepas di perairan umum baik waduk ataupun embung. Tujuannya agar nantinya saat besar bisa dimanfaatkan warga masyarakat sebagai lauk makan sehari-hari. Sehingga tingkat konsumsi ikan oleh masyarakat semakin meningkat,” ujar  Lalu M. Syafriadi,  di sela kegiatan pelepasan benih ikan di Embung Plered Desa Purworejo, Kecamatan Blora bersama Bupati Djoko Nugroho, Sabtu (10/3/2018).
         Dari jumlah ikan sebanyak itu, menurutnya paling banyak adalah patin, kemudian nila, tombro, gurame, bandeng dan lainnya. Pihaknya berharap kedepan Blora bisa menjadi lumbung perikanan seiring dengan banyaknya pembangunan embung.
       “Saya ingin kedepan Blora bisa menjadi lumbung patin. Karena di Jawa Tengah belum ada lumbung ikan patin. Ini tadi juga banyak benih ikan patin yang dilepas disini,” lanjutnya.
        Bupati Djoko Nugroho usai melepas benih ikan di Embung Plered menyatakan terimakasih kepada Pemprov Jateng, khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan yang telah memberikan bantuan benih ikan sejumlah 600 ribu ekor lebih. Ia berharap ikan-ikan ini nanti bisa bermanfaat untuk masyarakat yang ada di sekitar embung.
         “Terimakasih Pak Kadinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah yang sudah bersedia hadir langsung menyalurkan bantuan benih ikan ke Kabupaten Blora. Benih ikan ini tidak akan ditebar di Embung Plered saja, namun juga di lokasi lainnya. Setelah ditebar, jangan dijaring, jangan dijenu, jangan diracun. Dipancing saja dengan syarat nanti saat ikannya sudah besar,” ucap Bupati sambil berpesan kepada Kades Purworejo agar bisa menjaga ikan di Embung Plered.
(MN/El)