Home Lintas Jateng Pemkab Blora Beri Tunjangan Guru TK/PAUD Rp 175 Ribu

Pemkab Blora Beri Tunjangan Guru TK/PAUD Rp 175 Ribu

1249
ilustrasi


Blora, 20/12 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah menganggarkan dana tunjangan untuk guru TK dan PAUD dalam APBD tahun 2014. Tunjangan sebesar Rp175 ribu perbulan itu dicairkan setiap 6 bulan. Untuk pencairan 6 bulan terakhir ini merupakan pencairan terakhir tahun 2014.

”Ini adalah pencairan tunjangan kesra terakhir tahun ini. Tahap pertama pencairannya pada bulan Agustus lalu untuk tujuh bulan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Achmad Wardoyo melalui Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Widodo.

Menurut Widodo, besarnya tunjangan kesra bagi guru TK dan PAUD, baik yang bersumber dari APBD provinsi maupun kabupaten sama, yakni Rp 175 ribu per bulan. Pencairan satu tahun, bisa dilakukan dua kali. Biasanya, pada pertengahan tahun dan akhir tahun. Jumlah penerima tunjangan kesra sebanyak 495 guru TK dan tutor PAUD.

”Selama satu tahun penerima kesra, untuk 13 bulan. Ini berbeda dengan pencairan tunjangan sertifikasi guru, yang langsung ditransfer ke rekening penerima. Kalau pencairan tunjangan kesra, penerima harus datang langsung ke kantor Disdikpora,” jelas Widodo.

Lebih lanjut Widodo menjelaskan, dari jumlah tersebut tidak semua guru TK dan tutor PAUD menerima tunjangan. Hal itu disesuaikan dengan jumlah anggaran yang ada.

Salah satu penerima tunjangan kesra, Tutut Wilianto, mengaku senang sudah cairnya tunjangan tersebut. Dia mengatakan, tunjangan itu telah dinantikan para tutor PAUD dan guru TK. Dia berharap, tahun depan jumlah tunjangan kesra bisa ditambah.

”Harapan kami, agar pemkab meningkatkan besaran tunjangan kesra tahun depan. Sehingga, kesejahteraan guru semakin terangkat,” ucap perempuan yang mengajar di salah satu PAUD di Kecamatan Blora Kota ini. (NG/BJ)