Home Lintas Jateng Pemkab Batang Salurkan Bansos Rp14 Miliar

Pemkab Batang Salurkan Bansos Rp14 Miliar

image
Ilustrasi

Batang, 30/11 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, meyalurkan hibah bantuan sosial dan keuangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2014 sebesar Rp14 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (DPKAD ) Kabupaten Batang Asri Hermawan di Batang, Minggu, mengatakan penyaluran bantuan tersebut berpedoman pada Peraturan Bupati Batang Nomor 82 Tahun 2013 tentang Pedoman Belanja Subsidi, Hibah, Bantuan Sosial, dan Bantuan Keuangan.

“Besaran penyaluran bantuan itu mencapai Rp14 miliar yang sebagian besar 60 persen hibah dan dua persen bantuan keuangan, serta bansos,” katanya.

Ia yang didampingi Sekretaris DPKAD Suprapto mengatakan untuk bantuan keuangan sarana dan prasarana tidak diterimakan oleh kelompok masyarakat melainkan ke rekening pemerintah desa (pemdes).

“Hal itu, nantinya pemdes mempertanggungjawabkan melalui anggaran pendapatan belanja desa. Akan tetapi, bantuan hibah dan bantuan sosial masuk rekening kelompok masing- masing,” katanya.

Dia menjelaskan bantuan sosial yang diterimakan tunai pada masing-masing kelompok itu bisa mencapai Rp5 juta.

“Akan tetapi, pemkab akan selektif sekali dalam penyaluran dana bansos itu. Untuk pencairannya akan dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP),” katanya.

Ia mengatakan penerima bantuan sosial harus menandatangani dokumen penyaluran dalam berita acara serah terima, pakta integritas, surat pernyataan tangung jawab, dan naskah perjanjian hibah.

“Kami juga akan menerapkan sanksi jika dalam waktu yang sudah di tentukan, belum mengirimkan penggunaan bantuan. Penerima yang menyalahi aturan maka akan diserahkan pada lembaga inspektorat untuk memberikan sanksi sesuai peraturan,” katanya.(ant/pj)