Home News Update Pemilos SMAN 9 Semarang Libatkan Guru dan Siswa

Pemilos SMAN 9 Semarang Libatkan Guru dan Siswa

Proses pemilihan ketua Osis SMAN 9 Semarang
Proses pemilihan ketua Osis SMAN 9 Semarang
Proses pemilihan ketua Osis SMAN 9 Semarang

Semarang, 18/9 (BeritaJateng.net) –¬†Seperti Pemilihan Umum (Pemilu) yang biasa digelar di Indonesia, Sekolah Menengah Akhir (SMA) Negeri 9 Semarang juga mengadakan Pemilihan OSIS (Pemilos) sebagai pembelajaran. SMA yang terletak di jalan Cemara Raya Padangsari Banyumanik ini mempunyai tahapan-tahapan pemilihan. Mulai dari penjaringan bakal calon, sosialisasi, debat hingga kampanye dan pencoblosan seperti Pemilu pada umumnya.

Dinas Pendidikan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang sedang gencar melatih kepedulian pada pesta demokrasi. Oleh karena itu, sekolah-sekolah diminta untuk memberikan simulasi semirip mungkin layaknya pemilu aslinya.

Kepala Sekolah SMAN 9 Semarang, Slamet Panca Mulyadi., S.Pd. mengatakan jika partisipasi siswa, guru serta elemen sekolah sangat memuaskan, mencapai 95 persen.

“SMAN 9 senantiasa memanfaatkan kemajuan teknologi digital dan menggunakan media sosial twitter dan portal web SMAN 9 untuk sosialisasi. Selain itu, pihak guru juga diminta aktif melalui grup Blackberry Messanger,” ujarnya.

Selain itu dalam Pemilos di SMAN 9 juga terdapat pelanggaran-pelanggaran serta surat suara yang tidak sah layaknya pemilu. Guru berperan dalam memberikan contoh yang baik cara mencoblos yang benar.

“Kesadaran siswa untuk mengikuti proses demokrasi menjadi penting, apalagi pada bulan Desember mendatang Kota Semarang akan menghadapi Pilwakot. Guru perlu dilibatkan terlebih siswa, karena mereka merupakan pemilih pemula yang juga menentukan nasib Kota Semarang ke depan,” jelasnya, Jumat (18/9) siang. (BJT01)