Home Lintas Jateng Pemerintah Pastikan Ambil Alih Terminal Tirtonadi Tahun 2016

Pemerintah Pastikan Ambil Alih Terminal Tirtonadi Tahun 2016

Jonan

SOLO, 31/10 (BeritaJateng.net) – Pemerintah pada 2016 mendatang akan  mengambil alih pengelolaan semua terminal tipe A dari berbagai daerah. Termasuk  mengambil alih pengelolaan terminal Tirtonadi bulan Desember 2016 mendatang. Terminal Tirtonadi merupakan terminal transit terbesar di Jawa Tengah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan alasan pengambil alihan  pengelolaan Terminal Tirtonadi untuk memperbaiki sarana dan prasarana juga terkait manajemennya.

“Paling lambat Desember 2016 nanti Terminal Tipe A (Tirtonadi) akan dikelola Pemerintah Pusat,” jelas  Menhub Jonan kepada wartawan, di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah Sabtu (31/10/2015).

Meski nantinya pengelolaan sudah di tangan pemerintah pusat, Jonan menegaskn pemerintah daerah masih diberi kesempatan untuk pengelolaan komersialnya. Agar daerah jugaa mendapatkan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Nantinya semua  terminal tipe A akan dikembalikan kepada Pemerintah Pusat. Namun sebelumnya (sebelum Desember 2016) Pemda  masih diberikan kesempatan untuk mengelolanya agar sumber PAD bisa meningkat,” lanjut Jonan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo Yosca Herman Soedrajad menyatakan pihaknya  sudah mengirimkan permintaan pada Pemerintah Pusat untuk tetap bisa mengelola Terminal Tirtonadi dengan alasan untuk meningkatkan PAD. (BJ24)