Home Headline Pemerintah Lambat Tangani Longsor dan Banjir Wonogiri

Pemerintah Lambat Tangani Longsor dan Banjir Wonogiri

image

Semarang –
Anggota DPRD Jateng dari Fraksi  PKS asal Wonogiri Hadi Santoso, mengatakan medan yang sulit bukan menjadi alasan BPBD untuk menurunkan alat berat di lokasi banjir dan tanah longsor di Wonogiri.

Sebagaimana diketahui, Banjir dan tanah longsor menerjang Desa Pare dan Wuryorejo, Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (6/2/2015), mengakibatkan sejumlah rumah rusak parah dan jalan terputus. Secara mandiri, warga bahu membahu membersihkan material banjir dan longsor yang menutup jalan.

“Masa seperti ini jadi alasan? Padahal warga sudah dua hari menunggu. Lokasi bencana sudah jelas, apakah nunggu hari kerja?” tukasnya.

Menurutnya, BPBD kabupaten maupun Propinsi Jawa Tengah harus bergerak sesegera mungkin membantu warga menanggulangi bencana yang terjadi. Seluruh potensi kekuatan agar dikerahkan untuk menolong warga yang tertimpa bencana. Kasihan jika warga terlalu lama menunggu bantuan. 

“Saya mendapat laporan dari Tim P2B PKS yang mensurvei lokasi longsor do Desa Ngringin Selogiri. Warga disana sudah terisolir selama 2 hari,” jelasnya.
   

Sementara itu Anggota Komisi 8 DPR RI Fikri Faqih mengingatkan pemerintah daerah bertanggungjawab dalam menyelenggarakan penanggulangan bencana. Prinsip penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan cepat dan tepat.

“Hal itu sesuai dengan pasal 5 UU 24/2007 tentang penanggulangan bencana. Pasal 3 ayat (2) huruf a. Prinsip penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan cepat dan tepat,” terangnya.(BJ28)