Pemerintah Indonesia Telah Berikan Usaha Maksimal Bagi Etnis Rohingya  

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.
                 Semarang, 9/9 (BeritaJateng.net) – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Indonesia dalam membantu dan mengakhiri krisis kemanusiaan yang menimpa etnis rohingnya di Rakhine State Myanmar,  termasuk upaya diplomasi dengan menugaskan  Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk mengunjungi Myanmar.
                  Selain itu, Pemerintah juga telah menggalang bantuan di Asean, PBB dan negara-negara Eropa untuk bersama-sama membantu menyelesaikan tragedi yang telah menelan nyawa ribuan etnis rohingya, termasuk memberikan berbagai bantuan untuk para korban rohingya yang mengungsi.
                  Langkah yang ditempuh Pemerintah Indonesia yakni membawa amanah dari masyarakat Indonesia yang berempati dengan apa yang terjadi di rohingya Myanmar.
                 Untuk itu, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo mengatakan keji jika hingga kini masih ada pihak-pihak yang masih mengatakan bahwa Pemerintah tidak berbuat-apa untuk rohingya.
                    “Saya kira Pemerintah sudah begitu maksimal, tidak hanya melakukan diplomasi saja, dengan menugaskan Menteri Luar Negeri menggalang Asean, menggalang PBB, menggalang Negara-negara Eropa, memberikan bantuan. Pak Jokowi sampaikan terbuka, Ibu Menteri  Luar Negeri ke Myanmar dan Bangladesh membawa amanah masyarakat Indonesia, apapun kita ada nasib sepenanggungan,” ujarnya di Semarang, Jumat (8/9)
                  Mendagri tak menampik jika oknum-oknum itu sengaja menyerang pemerintah untuk kepentingan politik,  sehingga harus diusut oleh pihak Kepolisian
                  “Upaya yang sudah dilakukan Pemerintah Indonesia, jangan di belokkan, di goreng seolah-olah, Pemerintah tidak melakukan apa-apa, ini yang keji ini harus diusut, saya dan Pak Kapolri sudah mendeteksi,” tegasnya.
                   Seperti diketahui tragedi kemanusian yang terjadi di rohingya Myanmar mendapat perhatian serius oleh Masyarakat Indonesia. Doa dan penggalangan dana untuk rohingya terus dilakukan masyarakat di seluruh pelosok negeri dan dunia. (NH/El)

Tulis Komentar Pertama