Home Headline Pemerintah Diminta Perdalam Materi Pancasila dan Pemerintahan Pada Mapel PPKn

Pemerintah Diminta Perdalam Materi Pancasila dan Pemerintahan Pada Mapel PPKn

825

SEMARANG, 7/2 (Beritajateng.net) – Jumat siang (7/2) Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Asal Jawa Tengah Casytha A Cathmandu mengadakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMK Kartika Nusantara Karangroto Genuk Kota Semarang. Di sekolah kejuruan ini Casytha menemukan banyak pelajar yang belum paham tentang empat pilar kebangsaan tersebut.

“Para siswa ini kan masih dalam masa pelajaran, seharusnya pemahaman tentang empat pilar kebangsaan masih melekat dalam dirinya. Namun tadi kita lihat banyak dari mereka yang tidak paham,” ungkapnya usai memberi sosialisasi.

Dengan adanya temuan tersebut, Senator ini minta agar pemerintah memperkuat materi pendidikan kewarganegaraan (PKN) dengan pendidikan Pancasila dan pemerintahan.

“Materi di pelajaran PPKn perlu diperkuat agar siswa memperoleh pendalaman terutama terkait Pendidikan Pancasila dan Pemerintahan,” kata Wakil Ketua II Komite IV DPD RI tersebut.

Casytha menjelaskan, saat ini pengaruh global sangat tinggi dalam kehidupan masyarakat terutama generasi muda. Pengaruh global tersebut masuk dengan sangat masif seiring perkembangan teknologi informasi. Hampir setiap orang bisa mengakses informasi dengan handphone pintar.

“Satu satunya cara membentengi pengaruh globalisasi ini ya dengan memperkuat pemahaman mereka terhadap empat pilar kebangsaan. Karena dengan memahami ini akan memperkuat nasionalisme bangsa,” jelasnya.

Empat Pilar Kebangsaan terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut disambut antusias para siswa. Sytha mengajak mereka berinteraksi. Wanita yang juga praktisi perbankan tersebut membuat kuis bermaterikan pengetahuan kebangsaan yang harus dijawab para siswa.

Berbagai pertanyaan dilontarkan. Mulai dari lambang sila di Pancasila, tugas dan fungsi DPD RI, hingga berapa jumlah fraksi di MPR RI. Para siswa yang maju ke depan dan menjawab dengan benar diberi hadiah menarik.
Sebaliknya, para siswa juga diberi kesempatan melemparkan pertanyaan saat sesi tanya jawab.

Kepala SMK Kartika Nusantara, Erna Yulianti menyambut baik langkah Casytha yang telah menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di sekolahnya.

Dia juga berterimakasih atas bantuan berupa 4 LCD dan layar proyektor yang diberikan ke sekolah. “Bantuan ini akan bermanfaat untuk menunjang pembelajaran di sekolah agar semakin berkualitas dan maju,” paparnya.

(NK)