Home Lintas Jateng Pemerintah Bantu Modal Korban Kebakaran Pasar Wonosobo

Pemerintah Bantu Modal Korban Kebakaran Pasar Wonosobo

image

Wonosobo, 3/1 (Beritajateng.net) – Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga mengatakan pemerintah akan membantu modal bagi para pedagang korban kebakaran Pasar Wonosobo sebanyak Rp1 miliar melalui koperasi.

“Pedagang korban kebakaran Pasar Wnosobo sekitar 2.500 orang. Tadi saya tanyakan kepada ketua koperasi di pasar ini bahwa mereka membutuhkan permodalan,” katanya usai meninjau bekas Pasar Wonosobo yang terbakar, Jumat (2/1) malam.

Ia meninjau bekas Pasar Wonosobo yang terbakar pada tanggal 22 Desember 2014 tersebut bersama Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

Setelah kebakaran, kata Menkop dan UMKM, para pedagang tidak memiliki modal dan selama ini mereka pinjam uang di tempat-tempat pinjam uang. Mereka sudah diberi kelonggaran untuk tidak mengangsur selama tiga bulan setelah kebakaran pasar.

Setelah itu, kata dia, para pedagang pasti membutuhkan modal untuk usaha mereka.

“Usaha kami untuk membantu modal tersebut,” kata Menkop dan UMKM yang pada kesempatan tersebut mengajak Deputi Pembiayaan dan Direktur Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Koperasi dan UMKM.

Pihaknya sudah sepakat dengan koperasi bahwa mekanisme melalui koperasi para pedagang akan diberikan modal sebesar Rp1 miliar.

“Permintaan koperasi sebesar itu. Jadi, koperasi meminta kepada kementerian dan sudah saya hubungkan langsung bertemu dengan Direktur LPDB.

“Jadi, bantuan modal sebesar Rp1 miliar itu akan dibantu dari LPDB. Bantuan ini merupakan dana bergulir, bukan hibah,” katanya.

Ia mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan dana awal mereka berdagang. Adapun teknis peminjaman merupakan kesepakatan koperasi dan LPDB.

“Permintaan koperasi seperti itu ada modal kerja bagi pedagang setelah tiga bulan. Pemberian bantuan melalui koperasi, jadi nanti teknisnya koperasi yang mengatur,” katanya. (Ant/BJ)