Home Lintas Jateng Pembangunan Polder Banger Dianggarkan Rp50 Miliar

Pembangunan Polder Banger Dianggarkan Rp50 Miliar

image

Semarang, 14/4 (BeritaJateng.net) – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kota Semarang akan segera melanjutkan pembangunan polder Kali Banger di tahun ini. Hal itu disampaikan Kepala Dinas PSDA Kota Semarang Nugroho Djoko Purwanto di Balaikota, Selasa (14/4).

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang menyiapkan dokumen lelang untuk proyek penanganan banjir di kawasan Semarang timur dan tengah ini.“Sudah kami siapkan dananya Rp50 miliar khusus untuk pekerjaan ini,” terangnya.

Dijelaskan, dana sebesar itu untuk keperluan pembangunan fisik kolam senilai Rp30 miliar. Adapun sisanya untuk pengadaan alat-alat Mechanical Engineering (ME).

Nugroho mengakui jika pembangunan polder ini sempat terhambat dengan proses pembebasan lahan milik PT KAI. Namun seiring dengan pembayaran sewa lahan, dipastikan proses pembebasan akan dilakukan oleh PT KAI.“Sudah kami bayar sewa lahan tersebut kemarin senilai sekitar Rp1 miliar lebih,” tukasnya.

Karenanya, pihaknya berharap proses pembebasan lahan sudah dapat rampung akhir bulan ini. Dengan demikian, proses pembangunan fisik sudah dapat dilakukan awal Mei atau Juni mendatang.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wachid Nurmiyanto mengakui jika proses pembangunan polder Banger sudah cukup lama. Persoalan yang melingkupinya juga cukup kompleks. Karenanya, pihaknya berharap agar proses pembangunan polder ini dipercepat. Dengan demikian warga di bagian timur dan utara kota, tidak lagi kebanjiran ataupun rob.“Kasihan warga. Sudah bertahun-tahun menunggu realisasi pembangunan polder ini,” tukasnya.

Politisi PAN ini berharap Dinas PSDA dan ESDM lebih serius dalam mempercepat proses pembangunannya. Koordinasi dengan Pemprov Jateng dan pemerintah pusat diharapkannya dapat ditingkatkan agar realisasi polder ini segera terwujud. (BJ05)

Advertisements