Home News Update Pembangunan Jalan Pinggiran Semarang Selesai

Pembangunan Jalan Pinggiran Semarang Selesai

Semarang, 29/12 (Beritajateng.net) – Dinas Bina Marga Kota Semarang menegaskan pekerjaan pembangunan dan perbaikan jalan-jalan pinggiran di wilayah tersebut dirampungkan hingga akhir tahun ini.

“Sesuai dengan instruksi Wali Kota Semarang, harus ada pemerataan pembangunan, termasuk di wilayah pinggiran,” kata Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang Iswar Aminuddin di Semarang, Senin.

Menurut dia, Bina Marga sudah merampungkan pembangunan infrastruktur jalan, baik perbaikan dan peningkatan kualitas jalan di berbagai titik, mulai dari kawasan Barat hingga Timur Kota Semarang.

Ia menyebutkan pembangunan infrastruktur jalan itu dilakukan, antara lain di Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Mangunharjo, Jalan R Sukanto Tembalang, hingga Jalan Untung Suropati, Mijen, dan Cangkiran.

“Proyek pembangunan infrastruktur jalan itu, meliputi pelebaran bahu jalan, pengaspalan ulang, hingga betonisasi. Ya, mulai perbaikan hingga peningkatan kualitas jalan, seperti dibeton,” katanya.

Iswar mengaku lega karena semua proyek pembangunan jalan itu selesai hingga akhir tahun ini, sebab instruksi dari Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi semua pekerjaan fisik harus rampung Desember 2014.

“Ya, semuanya selesai dengan baik. Tidak ada kendala berarti karena kontraktor juga kooperatif,” katanya.

Meski semua pengerjaan pembangunan jalan sudah rampung, termasuk di kawasan pinggiran, ia mengakui pemanfaatan jalan nantinya juga harus diawasi agar usia pemakaiannya bisa lebih lama.

“Misalnya di Jalan Mangunharjo. Sekarang memang sudah dibetonisasi. Namun, kalau masih sering dilewati truk galian C yang tonasenya melebihi kekuatan jalan, ya, cepat rusak lagi,” ujarnya.

Makanya, Iswar mengharapkan adanya pembatasan tonase kendaraan di jalur-jalur tertentu agar usia pemakaian jalan lebih lama dan tidak cepat rusak karena dilintasi beban yang terlalu berlebihan.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengharapkan dengan telah dirampungkannya pembangunan infrastruktur jalan itu bisa semakin mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat, termasuk di pinggiran.

“Dengan kondisi jalan yang prima, akses masyarakat kan lebih lancar. Makanya, dengan dirampungkannya pembangunan jalan di kawasan pinggiran ini bisa dirasakan manfaat positifnya oleh masyarakat,” katanya. (Ant/BJ)

Advertisements